Lusila, Parida and Daniel, Dike (2019) HEXAGONAL MANAGEMENT KELAS DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. ISSN 2337-7895
23268-61503-1-PB.pdf
Download (591kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan memetakan suatu gambaran pemanfaatan kelas sebagai episentrum
pembelajaran secara maksimal melalui penguatan manajemen kelas. Disain penelitian ini
menggunakan case study research. Penelitian ini mengkaji fenomena dan fakta pembelajaran
di kelas melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi serta
angket respon siswa terhadap aktivitas belajar mengajar yang dilakukan guru dan siswa di
SD Panca Setya 2 Sintang, Kalimantan Barat. Data divalidasi dengan triangulasi sumber dan
teknik kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan secara induktif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa kelas dan pembelajaran belum sepenuhnya menjadi pusat atau
episentrum pembelajaran yang kuat meskipun pada aspek perencanaan, pengorganisasian,
implementasi dan evaluasi belajar yang dilakukan guru sudah cukup baik. Respon siswa
menunjukkan bahwa pada keempat aspek tersebut belum berjalan secara ideal sesuai harapan
siswa kerena kelas belum sepenuhnya dikelola secara maksimal. Solusi mengatasi persoalan
ini bisa dilakukan dengan menerapkan manajemen hexagonal yang memiliki enam kekuatan
sentral yakni karakteristik siswa, sikap guru, infrastruktur kelas, infrastruktur teknologi,
dukungan sekolah, dukungan yayasan atau dinas pendidikan. Bila pembelajaran di kelas
mengintegrasikan peran sentral keenam aspek manajemen hexagonal maka kelas akan
sungguh-sungguh menjadi pusat gravitasi pembelajaran efektif, produktif dan bermakna.
Kata kunci: managemen kelas, episentrum pembelajaran, management hexagonal
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with username user1 |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 03:03 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 03:03 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/377 |