Nelly, Wedyawat and Didin, Syafruddin and Thomas, Dedi (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN SAINS DI SD NEGERI NO. 03 RANYAI HILIR KECAMATAN SEBERUANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Vox Edukasi Vol 7, No 1, April 2016.
66-173-1-SM.pdf
Download (358kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan keterampilan proses sains (KPS),
aktivitas, respon belajar dan peningkatan pemahaman sains siswa di Sekolah Dasar Negeri 03 Ranyai Hilir Kecamatan Seberuang. Penelitian adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subyek adalah siswa kelas III yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung, komunikasi tidak langsung, pengukuran dan dokument. Alat
pengumpulan data yaitu lembar observasi, angket respon, tes tertulis dan dokumentasi. Hasil rekapitulasi observasi aktivitas guru meningkat dari 71% menjadi 88%. Aktivitas belajar
siswa meningkat dari 47% menjadi 74%. Respon siswa sebesar 83% menunjukan siswa sangat senang dengan penerapan pendekatan KPS. Hasil soal tes prasiklus pemahaman siswa
rata-rata 53,31, meningkat menjadi 58,73%, meningkat 73,21. Kesimpulkan penerapan pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) dapat meningkatkan pemahaman pada materi
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Kata Kunci: Pemahaman, Pendekatan, Keterampilan Proses, Sains
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with username user1 |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:39 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:39 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/360 |