Model Pembelajaran Teams Games Tournament: Studi Meta-Analisis Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sains

Yakobus, Bustami and Yuniarti, Essi Utami and Mirnawati, Mirnawati (2022) Model Pembelajaran Teams Games Tournament: Studi Meta-Analisis Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sains. BIOSFER, J.Bio. & Pend.Bio. Vol.7. No.1 , Juni 2022. ISSN 2549-0486

[thumbnail of 2.pdf] Text
2.pdf

Download (600kB)

Abstract

Menggunakan model Teams Games Tournament untuk membangun pola pikir peserta didik agar dapat berpikir
kritis, kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
kembali model Teams Games Tournament dalam pembelajaran terhadap aspek berpiki kritis dan hasil belajar
siswa sains. Penelitian ini menggunakan meta-analisis menggunakan metode deskriptif dengan sampel sebanyak
26 jurnal nasional. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan n-gain dan effect size. Hasil
penelitian model pembelajaran Teams Games Tournament menunjukkan rerata n-gain pada kemampuan berpikir kritis sebesar 0,35 dan hasil belajar kognitif sebesar 0,24. Hasil effect size kemampuan berpikir kritis sebesar 0,44 dan hasil belajar kognitif sebesar 0,50 dengan kategori besar. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran model pembelajaran Teams Games Tournament efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.

Kata Kunci— Berpikir kritis, kognitif siswa, Meta-analisis, Teams Games Tournament.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 22 Jun 2023 08:36
Last Modified: 22 Jun 2023 08:36
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item
View Item