Markus, Iyus Supiand and Hilarius, Jago Duda and Sudin, Sudin (2018) PENGARUH MODEL READING QUESTIONING ANSWERING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) Vol. 2 No. 1 April 2018 | 1 – 8. ISSN 2540-802x
1.pdf
Download (806kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat baca siswa yang berpengaruh terhadap keaktifan belajar dikelas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Reading Questioning Answering (RQA) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Metode yang digunakan adalah eksperimen, berbentukTru Eksperimental,dengan desain PretestPosttest Control Group Desigen. Populasi sebanyak 342 siswa dan sampel sebanyak 65 siswa yang terdiri dari kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Alat pengumpulan data menggunakan
lembar observasi, soal tes, dan angket.Hasil uji hipotesis data pretest diperoleh nilai Zhitung < Ztabel(-0,55 ˂ 1,96) maka H0 diterima, sedangkan data posttest diperoleh nilai Zhitung >
Ztabel(5,76 > 1,96) maka Ha diterima. Disimpulkan bahwa model Reading Questioning Answering (RQA) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritits siswa pada materi
sistem pernapasan manusia di kelas VIII SMP Negeri 02 Sintang.
Kata kunci: reading questioning answering, berpikir kritis, sistem pernapasan manusia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with username user1 |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 07:25 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 07:25 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/309 |