PENGARUH MODEL READING QUESTIONING ANSWERING (RQA) TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

HENDRIKUS, JULUNG and Yasinta, Lisa and Defvia Ayu, Lashari (2017) PENGARUH MODEL READING QUESTIONING ANSWERING (RQA) TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) Vol. 2 No. 2 November 2017 | 27 – 33. ISSN 2540-802x

[thumbnail of 222-533-2-PB.pdf] Text
222-533-2-PB.pdf

Download (795kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading,
Questioning, and Answering (RQA) terhadap kemampuan metakognitif siswa Kelas VIII SMP
Negeri 6 Satu Atap Sintang pada materi Sistem pernapasan manusia. Variabel pada
penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas “model pembelajaran Reading Questioning
Answering (RQA)” dan variabel terikat “kemampuan Metakognitif”. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu Quasieksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik
pengambilan sampelnya menggunakan teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi
tidak langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes,
dan angket. Hasil analisis data observasi guru di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan
persentase 100%, berkriteria sangat baik, sedangkan data observasi siswa pada kelas
eksperimen dengan persentase rata-rata 100% berkriteria sangat baik. Berdasarkan
perhitungan kemampuan metakognitif siswa diperoleh nilai rata-rata pretest 39,00 untuk
kelas eksperimen dan 48,32 untuk kelas kontrol serta nilai rata-rata posttest 79,68 untuk
kelas eksperimen dan 64,04 untuk kelas kontrol. Analisis data menggunakan program SPSS
Statistics 20 dengan jumlah siswa 28 orang kelas eksperimen dan 28 orang kelas kontrol
diperoleh hasil pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan pada
hasil uji hipotesis posttest diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 dengan nilai α =
0,05. Hal ini berarti nilai sig. (2-tailed) ˂ α (0,000 ˂ 0,05) maka H1 diterima. Disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan metakognitif siswa antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol di kelas VIII SMP Negeri 6 Satu Atap Sintang pada materi
sistem pernapasan manusia. Hasil angket respon siswa dengan rata-rata 88,20% (sangat
kuat).

Kata Kunci: reading questioning answering (RQA), kemampuan metakognitif

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:13
Last Modified: 20 Jun 2023 07:13
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item
View Item