HUBUNGAN ANTARA RASA PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS KARYASEKADAUTAHUN PELAJARAN 2014/2015

DESSY, TRIANA RELITA (2015) HUBUNGAN ANTARA RASA PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS KARYASEKADAUTAHUN PELAJARAN 2014/2015. JURNAL PROFIT VOLUME 2, NOMOR 2, NOVEMBER 2015.

[thumbnail of 1.pdf] Text
1.pdf

Download (204kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Rasa Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Karya Sekadau Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitiannya studi korelasi. Berdasarkan hasil rata-rata rasa percaya diri diperoleh sebesar 79,05 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rasa percaya diri siswa
tergolong baik. Sedangkan hasil tes hasil belajar siswa diperoleh sebesar 87,54 sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas XI (yang dijadikan sampel) memiliki hasil belajar yang tergolong sangat baik. Hasil koefisien korelasinya diperoleh nilai 0,568 (kategori cukup kuat) sehingga koefisien determinasinya berjumlah 32,26%. Sedangkan hipotesis diuji dengan menguji uji-t, dengan memperoleh hasil t-hitung = 5,47, t-tabel 2,000, n=65 sehingga dk=63, α (taraf signifikansi) = 5%. Berdasarkan uji-t tersebut maka kesimpulan yang diperoleh adalah menerima Ha karena t-hitung > t-tabel (5,47 > 2,000). Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara rasa percaya diri dengan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Rasa Percaya Diri dan Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:38
Last Modified: 20 Jun 2023 02:38
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item
View Item