ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM KEGIATAN KOLASE DI PAUD KASIH BUNDA NOBAL TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Meisy, Anjelina (2024) ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM KEGIATAN KOLASE DI PAUD KASIH BUNDA NOBAL TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200408117_COVER.pdf] Text
PBI_200408117_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_200408117_BAB 1.pdf] Text
PBI_200408117_BAB 1.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of PBI_200408117_BAB 2.pdf] Text
PBI_200408117_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[thumbnail of PBI_200408117_BAB 3.pdf] Text
PBI_200408117_BAB 3.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of PBI_200408117_BAB 4.pdf] Text
PBI_200408117_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[thumbnail of PBI_200408117_BAB 5.pdf] Text
PBI_200408117_BAB 5.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of PBI_200408117_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200408117_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Meisy Anjelina. 2024. Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Kegiatan Kolase Di PAUD Kasih BundaTahun Pelajaran2023/2024. Skripsi. Program Studi PG-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Sudarto, M.Pd. Pembimbing II: Suryameng, M.Pd. Kata kunci: Perkembangan Kognitif, Kegiatan Kolase Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak yang masih meminta bantuan guru dalam menempelkan kolase dan pemilihan warna yang kurang bervariasi. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan dan faktor-faktor kognitif anak usia 5-6 tahun dalam kegiatan kolase serta upaya yang telah dilakukan oleh guru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa dan orangtua serta guru pada kelompok B. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perkembangan kognitif anak terdiri dari 3 indikator yang dibagi menjadi 12 sub indikator, terdapat 7 subindikator yang sudah berkembang diantaranya yaitu
mampu memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara fleksibel dan diterima sosial, mampu mengenal berbagai perbedaan berdasarkan ukuran “lebih dari”; “kurang dari”; dan “paling/ter”, mampu mengklasifikasikan
benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi), mampu mengenal sebab-akibat tentang kegiatan kolase, mampu mengenal bentuk, warna, dan ukuran, mampu menyebutkan bentuk, warna, dan ukuran, dan mampu mengenal huruf.; (2) faktor yang mempengaruhi perkembangan anak dalam kegiatan kolase
yaitu faktor hereditas dan faktor lingkungan; (3) upaya yang dilakukan guru dalam perkembangan kognitif anak usia dini yaitu menggunakan metode demonstrasi, metode tanya jawab, dan metode proyek. Kesimpulannya yaitu perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Kasih Bunda sudah mulai berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:14
Last Modified: 21 Oct 2025 07:14
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item
View Item