UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI METODE GERAK DAN LAGU PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD HARAPAN KITA TAHUN PELAJARAN2022/2023

Lala, Sepriana (2023) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI METODE GERAK DAN LAGU PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD HARAPAN KITA TAHUN PELAJARAN2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_190308071_COVER.pdf] Text
PBI_190308071_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_190308071_BAB 1.pdf] Text
PBI_190308071_BAB 1.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of PBI_190308071_BAB 2.pdf] Text
PBI_190308071_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[thumbnail of PBI_190308071_BAB 3.pdf] Text
PBI_190308071_BAB 3.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of PBI_190308071_BAB 4.pdf] Text
PBI_190308071_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[thumbnail of PBI_190308071_BAB 5.pdf] Text
PBI_190308071_BAB 5.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of PBI_190308071_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_190308071_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lala Sepriana. 2023 “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Metode Gerak Lagu Pada Anak Kelompok B PAUD Harapan Kita Tahun Pelajaran 2022/2023“. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Yohanes Berkhmas Mulyadi, S.Fil., M.Psi, pembimbing II : Suryameng, M.Pd. Kata kunci: Kecerdasan Kinestetik, Metode Gerak dan Lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui metode gerak dan lagu pada anak kelompok B
Di PAUD Harapan Kita tahun pelajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Model yang digunakan adalah model Aqid dan Amrullah dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Jumlah subjek penelitian yaitu 11 orang anak. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh:
(1) Pelaksanaan metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B Di PAUD Harapan Kita Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil obervasi aktivitas guru memperoleh skor siklus I, 53,33% (cukup) dan siklus II, 82,22%(sangat baik). Skor aktivitas siswa siklus I, 54,40% (cukup) dan siklus II, 84,61% (sangat baik).Hasil penellitian diperoleh: (2) Kecerdasan kinestetik anak menggunakan metode gerak dan lagu pada anak Kelompok B Di PAUD Harapan Kita Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan Hasil kecerdasan kinestetik pada siklus I
pertemuan I terdapat 1 anak Mulai Berkembang(MB), 10 anak Belum Berkembang(BB), pertemuan II terdapat 5 anak Berkembang Sesua Harapan (BSH), 6 Mulai Berkembang (MB), dan pertemuan III terdapat 9 Berkembang Sesuai Harapan(BSH), 2 anak Mulai Berkembang(MB). Sedangkan pada siklus II pertemuan I terdapat 9 anak Berkembang Sangat Baik (BSB), 2 anak Berkembang Sesuai Harapan(BSH), pertemuan II terdapat 11 Berkembang Sangat Baik(BSB), dan pertemuan III terdapat 11
anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian diperoleh: (3)
Respon anak dalam mengunakan metode gerak dan lagu untuk
meningkatkan kecerdasan kinestetik pada abak kelompok B Di PAUD Harapan Kita. Berdasarkan hasil wawancara anak diperoleh bahwa anak dalam mengikuti proses belajar menyenangkan dan tidak membosankan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan kecerdasan kinestetik anak melalui metode gerak dan lagu mengalami peningkatakan pada anak yang setiap siklusnya ditandai dengan persentase indikator pencapaian yang
meningkat pada kemampuan kecerdasan kinestetik dengan penilaian berkembang sesuai harapan (BSH).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:15
Last Modified: 21 Oct 2025 07:15
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2451

Actions (login required)

View Item
View Item