PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA 1 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Iba, Rosiana (2024) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA 1 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200408106_COVER.pdf] Text
PBI_200408106_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_200408106_BAB 1.pdf] Text
PBI_200408106_BAB 1.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of PBI_200408106_BAB 2.pdf] Text
PBI_200408106_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[thumbnail of PBI_200408106_BAB 3.pdf] Text
PBI_200408106_BAB 3.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of PBI_200408106_BAB 4.pdf] Text
PBI_200408106_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[thumbnail of PBI_200408106_BAB 5.pdf] Text
PBI_200408106_BAB 5.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of PBI_200408106_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200408106_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Iba Rosiana, 2024. Peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK ABA I Sintang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Sarayati, M.Pd Pembimbing II: Suryameng, M.Pd Kata kunci: Peran Guru dan Motivasi Belajar
Penelitian ini berlatar belakang masalah tentang motivasi belajar anak 5-6 tahun di TK ABA 1 Sintang, permasalahannya adalah siswa kelas B2 tidak tertarik untuk mendengarkan guru, sulit mendengarkan serta tidak mengerjakan tugasnya.Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan peran, upaya guru serta
faktor penghambat dalam menumbuhkan motivasi belajar anak usia 5-6 tahun.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode kualitatif dan bentuk penelitian deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar di kelas B2 untuk hasil belajar sudah mulai berkembang baik, adapun yang menjadi faktor penghambat guru dalam menumbuhkan motivasi belajar pada siswa B2 berasal dari faktor internal dan eksternal. Kendatipun demikian guru telah berupaya menjelaskan tujuan belajar
secara jelas, memberikan hadiah, memberikan pujian, membangkitkan dorongan, membentuk kebiasaan belajar yang baik, serta membantu anak ketika kesulitan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa B2 sudah menunjukkan hasil belajar
yang didukung dengan peran guru, meskipun ada berbagai faktor penghambat namun guru harus berupaya agar motivasi belajar anak usia 5-6 tahun dapat terwujud dengan baik dan optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:17
Last Modified: 21 Oct 2025 07:17
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2443

Actions (login required)

View Item
View Item