APPLYING ESA (ENGAGE, STUDY, ACTIVATE) STRAT

Ilinawati, Ilinawati (2018) APPLYING ESA (ENGAGE, STUDY, ACTIVATE) STRAT. JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN.

[thumbnail of 33-98-1-SM.pdf] Text
33-98-1-SM.pdf

Download (594kB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang meningkatkan pengajaran berbicara dengan menerapkan ESA (Engage, Study, Activate) strategi pada mahasiswa program study Bahasa Inggris di STKIP Persada Khatulistiwa Sintan, Tahun Akademik 2017/2018. Ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang melibatkan mahasiswa tahun pertama, dimana mereka lemah untuk berbicara bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ESA berhasil meningkatkan perilaku siswa. Nilai rata-rata siswa pada adalah 71,67 pada siklus pertama 80,28 pada siklus kedua. Peningkatan proses belajar-mengajar berdasarkan pada peningkatan perilaku belajar – mengajar di dalam kelas. Perubahan perilaku diperoleh dari hasil observasi, catatan lapangan dan wawancara yang didiskusikan dengan kolaborator pada tahap refleksi. Strategi ESA ditemukan membantu untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris.
Kata kunci: Berbicara, ESA Strategi dan Wawancara Kerja

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:39
Last Modified: 15 Jun 2023 01:39
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item
View Item