PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBASIS BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 20 MAMBOK SINTANG TAHUN 2023/2024

Diah, Allysa (2023) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBASIS BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 20 MAMBOK SINTANG TAHUN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1910061643_COVER.pdf] Text
PBI_1910061643_COVER.pdf

Download (915kB)
[thumbnail of PBI_1910061643_BAB 1.pdf] Text
PBI_1910061643_BAB 1.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of PBI_1910061643_BAB 2.pdf] Text
PBI_1910061643_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[thumbnail of PBI_1910061643_BAB 3.pdf] Text
PBI_1910061643_BAB 3.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of PBI_1910061643_BAB 4.pdf] Text
PBI_1910061643_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[thumbnail of PBI_1910061643_BAB 5.pdf] Text
PBI_1910061643_BAB 5.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of PBI_1910061643_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1910061643_LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Diah Allysa. 2023. Penerapan Metode Role Playing Berbasis Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 20 Mambok Sintang Tahun 2023/2024.Skripsi,Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. PembimbingI:ImanuelSairoAwang,S.Si.,M.Pd.PembimbingII:DominikusRiki Yonda, M.Pd. Kata Kunci: Role Playing, Kreatif, Boneka Tangan
Metode role playing dengan menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Mereka dapat aktif berpartisipasi dalam peran, merasakan materi langsung, dan lebih terlibat dalam proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode role playing berbasis boneka tangan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas
IV di SDN 20 Mambok Sintang tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan 28 siswa kelas IV Asebagai kelompok eksperimen dan 28 siswa kelas IV C sebagai kelompok kontrol, dipilih dengan metode probability sampling. Alat pengumpulan data melibatkan lembar observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing berbasis boneka tangan secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini terbukti dari uji hipotesis dengan hasil signifikan (p=0,000 < 0,05) dan nilai N Gain sebesar 74,8430%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV di SDN 20 Mambok Sintang tahun
pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:19
Last Modified: 22 Oct 2025 02:19
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2284

Actions (login required)

View Item
View Item