PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR PERKALIAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SMART BOARD PADA SISWA KELAS III A SD NEGERI 02 LENGKENAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Octaviana Novia, Dwi Putri (2022) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR PERKALIAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SMART BOARD PADA SISWA KELAS III A SD NEGERI 02 LENGKENAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061508_COVER.pdf] Text
PBI_1809061508_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1809061508_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061508_BAB 1.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of PBI_1809061508_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061508_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[thumbnail of PBI_1809061508_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061508_BAB 3.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of PBI_1809061508_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061508_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[thumbnail of PBI_1809061508_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061508_BAB 5.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of PBI_1809061508_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061508_LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Octaviana Novia Dwi Putri. 2022. Peningkatan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Menggunakan Alat Peraga Smart Board Pada Siswa Kelas III A SD Negeri 02 Lengkenat Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Imanuel Sairo Awang, S.Si., M.Pd., Pembimbing II: Thomas Joni Verawanto Aristo, M.Pd. Kata kunci : Pemahaman Konsep, Perkalian, Alat Peraga, Smart Board Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman terhadap konsep dasar perkalian, indikasi terlihat saat siswa diminta menyelesaikan soal perkalian berupa soal cerita sederhana. Berdasarkan kasus tersebut, diperlukan usaha untuk
meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar perkalian. Salah satu cara yang dapat diterapkan yaitu menggunakan alat peraga Smart Board. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas III A SD Negeri 02 Lengkenatdengan menggunakan alat peragaSmart
Board. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa siklus I dengan rerata 67% dengan kriteria baik dan siklus II sebesar 92% dengan kriteria sangat baik terjadi peningkatan sebesar 25% dari sikus I ke siklus II. Persentase ketuntasan klasikal pemahaman konsep pada siklus I sebesar 61,53% dengan kriteria baik sedangkan persentase ketuntasan klasikal pada siklus II 92,30% dengan kriteria sangat baik terjadi peningkatan 30,77%. Berdasarkan pengolahan data respon siswa terhadap penggunaan alat peraga Smart Board diperoleh persentase sebesar 83,97% dengan kriteria kuat pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 98,07% dengan kriteria sangat kuat. Dari data tersebut disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga Smart Board dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dasar perkalian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:27
Last Modified: 22 Oct 2025 02:27
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item
View Item