Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Melinda Rismawati, NIDN 1120028901 and Puji Rahmawati, NIDN and Anita B. Rindiani, NIM 190210008 (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2): 2. pp. 2134-2143. ISSN 2579-9258

[thumbnail of CendikiaMel, Puji Anita rindiani.pdf] Text
CendikiaMel, Puji Anita rindiani.pdf

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pemecahan masalah siswa SMP dalam menyelesaikan soal himpunan, kemampuan yang diharapkan dkuasai oleh siswa yakni kemampuan menyelesaikan soal matematika dengan baik dan benar. Analisis data ini menggunakan tahapan penyelesaian masalah menurut Polya (1973;5), yaitu memahami suatu masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian dan indikator berpikir tingkat tinggi yaitu 1)menganalisis, 2) mengevaluasi, 3) mencipta. Subjek penelitian ini adalah SMP Negeri 3 Sintang kelas VIII B terdiri dari 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes HOTS dan wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa terbanyak pada indikator dari berpikir tingkat tinggi yaitu mengevaluasi dan mencipta dan indikator pemecahan masalah yaitu memahami masalah. Siswa tidak bisa memahami soal pada materi himpunan. Pada indikator membuat model matematika, memilih strategi penyelesaiaan, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali hasil jawaban hanya sebagian siswa yang dapat mengerjakan pada tahap ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Higher Order Thinking Skills, Problem Solving Skills, HOTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: melinda
Date Deposited: 09 Feb 2024 07:36
Last Modified: 09 Feb 2024 07:36
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/21

Actions (login required)

View Item
View Item