Melinda Rismawati, NIDN 1120028901 and Puji Rahmawati, NIDN and Anita B. Rindiani, NIM 190210008 (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2): 2. pp. 2134-2143. ISSN 2579-9258
CendikiaMel, Puji Anita rindiani.pdf
Download (285kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pemecahan masalah siswa SMP dalam menyelesaikan soal himpunan, kemampuan yang diharapkan dkuasai oleh siswa yakni kemampuan menyelesaikan soal matematika dengan baik dan benar. Analisis data ini menggunakan tahapan penyelesaian masalah menurut Polya (1973;5), yaitu memahami suatu masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian dan indikator berpikir tingkat tinggi yaitu 1)menganalisis, 2) mengevaluasi, 3) mencipta. Subjek penelitian ini adalah SMP Negeri 3 Sintang kelas VIII B terdiri dari 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes HOTS dan wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa terbanyak pada indikator dari berpikir tingkat tinggi yaitu mengevaluasi dan mencipta dan indikator pemecahan masalah yaitu memahami masalah. Siswa tidak bisa memahami soal pada materi himpunan. Pada indikator membuat model matematika, memilih strategi penyelesaiaan, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali hasil jawaban hanya sebagian siswa yang dapat mengerjakan pada tahap ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Higher Order Thinking Skills, Problem Solving Skills, HOTS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics |
Depositing User: | melinda |
Date Deposited: | 09 Feb 2024 07:36 |
Last Modified: | 09 Feb 2024 07:36 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/21 |