Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Melinda Rismawati, NIDN 1120028901 and Alvro Mizardi, NIM 190210006 and R Andy Pranando, NIM 190210023 (2022) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4 (2): 2. pp. 64-70. ISSN 2621-4768

[thumbnail of UNJ_Mel, Alvro, Andi 2022.pdf] Text
UNJ_Mel, Alvro, Andi 2022.pdf

Download (218kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untukmenganalisis bagaimana kemampuan siswa SMA Negeri 1 Sungai Tebelian tahun akademik 2021/2022, subjek penelitian berjumlah 16 orang siswa kelas X IPA1 semester 2. Data yang dikumpulkan berupa data hasil tes kemampuan siswa dalam komunikasi matematis dalam memecahkan masalah atau menyelesaikan soal-soal yang disajikan dalam bentuk cerita dengan mengkomunikasikan bahasa sehari-hari ke dalam bahasa matematika. Soal tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa terdiri dari 4 soal berbentuk essai pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Hasil tes kemudian dianalisis berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian ini dapat memberikan iv nformasi kepada guru tentang kemampuan komunikasi matematis siswa sehingga guru diharapkan mampu merancang kegitan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: melinda
Date Deposited: 09 Feb 2024 07:34
Last Modified: 09 Feb 2024 07:34
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item
View Item