PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI UNTUK SISWA KELAS XI TJKT SMKN 1 KAYAN HILIR

Frank, Sinatra (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI UNTUK SISWA KELAS XI TJKT SMKN 1 KAYAN HILIR. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200309046_COVER.pdf] Text
PBI_200309046_COVER.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of PBI_200309046_BAB 1.pdf] Text
PBI_200309046_BAB 1.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of PBI_200309046_BAB 2.pdf] Text
PBI_200309046_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[thumbnail of PBI_200309046_BAB 3.pdf] Text
PBI_200309046_BAB 3.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of PBI_200309046_BAB 4.pdf] Text
PBI_200309046_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[thumbnail of PBI_200309046_BAB 5.pdf] Text
PBI_200309046_BAB 5.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of PBI_200309046_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200309046_LAMPIRAN.pdf

Download (506kB)

Abstract

Frank Sinatra 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Untuk Siswa Kelas XI SMKN 1 Kayan Hilir. Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1:Anyan, M.Kom., Pembimbing II:Antonius Edy Setyawan, S.Kom.,M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Game Edukasi, Administrasi Sistem Jaringan Pentingnya penelitian ini di lakukan untuk mendorong inovasi dalam metode pembelajaran, khususnya dalam menciptakan media pembelajaran yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Game Edukasi dengan aplikasi Articulate Storyline 3. Media pembelajaran ini dirancang untuk siswa kelas XI TJKT SMKN 1 Kayan Hilir dalam mempelajari materi administrasi sistem jaringan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang meliputi tahapan 1).Define (Pendefenisian), 2).Desing (Desain), 3).Development (Pengembangan), 4).Disseminate (Penyebaran). Tahap pendefenisian dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang tepat. Tahap desain perancangan konsep dan struktur media, sementara tahap pengembangan pembuatan prototipe dan validasi oleh ahli media pembelajaran. Pada tahap pengembangan, media pembelajaran Game Edukasi ini dilakukan uji kelayakannya oleh ahli media dan ahli materi. Alat pengumpulan data berupa, lembar angket . Hasil validasi dari ahli media mendapatkan hasil persentase sebesar 83,69% dikategorikan sangat layak, dan penilaian dari ahli materi mendapatkan hasil sebesar 95,27% dikategorikan sangat layak. Pada tahap penyebaran produk media pembelajaran game edukasi dilakukan pada uji coba tahap pertama dan kedua. Hasil respon siswa tahap pertama mendapatkan presentase sebesar 90% dikategorikan sangat layak dan untuk hasil respon siswa tahap kedua mendapatkan presentase sebesar 93,6% dikategorikan sangat layak. Adapun kesimpulan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap pengembangan media pembelajaran game edukasi pada materi administrasi sistem jaringan. Untuk implikasi dalam penelitian ini adalah pengalaman yang interaktif, pembelajaran mandiri dan keberlanjutan dan kemajuan teknologi. Adapun saran dalam penelitian ditujukan bagi sekolah, bagi guru, bagi siswa dan bagi peneliti berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:57
Last Modified: 11 Sep 2025 03:57
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1897

Actions (login required)

View Item
View Item