PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARA INFORMATIKA BERBASIS METAKOGNITIF DI KELAS X JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV) SMKN 1 SINTANG

Cristi, Viermayanti (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARA INFORMATIKA BERBASIS METAKOGNITIF DI KELAS X JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV) SMKN 1 SINTANG. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200309041_COVER.pdf] Text
PBI_200309041_COVER.pdf

Download (757kB)
[thumbnail of PBI_200309041_BAB 1.pdf] Text
PBI_200309041_BAB 1.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of PBI_200309041_BAB 2.pdf] Text
PBI_200309041_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[thumbnail of PBI_200309041_BAB 3.pdf] Text
PBI_200309041_BAB 3.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of PBI_200309041_BAB 4.pdf] Text
PBI_200309041_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_200309041_BAB 5.pdf] Text
PBI_200309041_BAB 5.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of PBI_200309041_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200309041_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Cristi Viermayanti. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajara Informatika Berbasis Metakognitif Di Kelas X Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMKN1 Sintang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer. Pembimbing 1: Yasinta Lisa, S.Si.,M.Cs., Pembimbing II. Antonius Edy Setiawan, S.Kom., M.Pd. Pembelajaran Informatika di Kelas X SMKN 1 Sintang menghadapi kendala dalam pemahaman siswa terhadap konsep metakognitif serta perlunya bahan ajar yang lebih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran Informatika berbasis metakognitif di kelas X Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMKN 1 Sintang. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan Hannafin and Peck. Subyek penelitian terdiri dari 2 orang ahli media dan ahli materi. Metode pengumpulan data berupaangket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil review ahli materi berada pada kualifikasi sangat layak dengan persentase sebesar 97,40, hasil review ahli media berada pada kualifikasi sangat layak dengan persentase 90,06. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil berada pada kualifikasi baik dengan persentase sebesar 74,96, hasil uji coba skala besar berada pada kualifikasi sangat baik dengan persentase sebesar 84,28. Simpulan menunjukan bahwa bahan ajar berbasis metakognitif menggunakan model Hannafin and Peck efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mata pelajaran Informatika. Harapannya bahan ajar mata pelajaran Informatika berbasis metakognitif di kelas X Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dapat membantu guru meningkatkan kemampuan mengajar dan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:56
Last Modified: 11 Sep 2025 03:56
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item
View Item