PENGARUH MEDIA CHATBOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 12 JERORA

Rintan, Destauri (2025) PENGARUH MEDIA CHATBOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 12 JERORA. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_2112061988_COVER.pdf] Text
PBI_2112061988_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_2112061988_BAB 1.pdf] Text
PBI_2112061988_BAB 1.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of PBI_2112061988_BAB 2.pdf] Text
PBI_2112061988_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[thumbnail of PBI_2112061988_BAB 3.pdf] Text
PBI_2112061988_BAB 3.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of PBI_2112061988_BAB 4.pdf] Text
PBI_2112061988_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[thumbnail of PBI_2112061988_BAB 5.pdf] Text
PBI_2112061988_BAB 5.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of PBI_2112061988_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_2112061988_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rintan Destauri 21122061988. 2025. Pengaruh Media Chatbot Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Ipas Siswa Kelas IV SDN 12 Jerora. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Katulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Yakobus Bustami, S. Si., M. Pd. Pembimbing II: Dwi Cahyadi Wibowo, M. Pd. Kata Kunci: Media Chatbot, Hasil Belajar Kognitif, IPAS Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil observasi peneliti di SDN 12 Jerora penelit melihat masih kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan bervariatif, penelitian terdahulu studi literaturnya masih belum banyak yang membahas mengenai pengaruh media chatbot untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media chatbot terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN 12 Jerora, dengan melihat proses serta hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental design) dan desain equivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen (menggunakan media chatbot) dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional), masing-masing berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan pada siswa kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 86 dengan nilai N-Gain sebesar 56% (kategori cukup efektif), sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 74 dengan N-Gain hanya 6% (kategori tidak efektif). Uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Respon siswa terhadap penggunaan media chatbot juga sangat positif dengan persentase sebesar 98%. Dengan demikian, media chatbot terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menyarankan penggunaan media chatbot sebagai alternatif pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar di sekolah dasar, harapannya untuk penelitian selanjutnya diharapkan peneliti menambahkan observasi untuk melihat proses belajar dikelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rintan Destauri
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:47
Last Modified: 11 Sep 2025 03:47
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1878

Actions (login required)

View Item
View Item