ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN KELAS II SDN 11 BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

heni, heni (2025) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN KELAS II SDN 11 BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PGSD_2112061939_BAS_TA.pdf] Text
PGSD_2112061939_BAS_TA.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of PGSD_2112061939_CHAPTER 1.pdf] Text
PGSD_2112061939_CHAPTER 1.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of PGSD_2112061939_CHAPTER 2.pdf] Text
PGSD_2112061939_CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[thumbnail of PGSD_2112061939_APPENDIX.pdf] Text
PGSD_2112061939_APPENDIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of PGSD_2112061939_BAU_TA.pdf] Text
PGSD_2112061939_BAU_TA.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of PGSD_2112061939_CHAPTER 3.pdf] Text
PGSD_2112061939_CHAPTER 3.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of PGSD_2112061939_CHAPTER 6.pdf] Text
PGSD_2112061939_CHAPTER 6.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of PGSD_2112061939_CHAPTER 5.pdf] Text
PGSD_2112061939_CHAPTER 5.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of PGSD_2112061939_CHAPTER 4.pdf] Text
PGSD_2112061939_CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)

Abstract

Heni. 2025. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Membaca Permulaan Kelas II SDN
11 Batu Ampar Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Agusta
Kurniati, M.Pd. Pembimbing II: Ursula Dwi Oktaviani, M.Pd.

Kata Kunci: Membaca Permulaan, Kemampuan Membaca, Faktor Pendukung.

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran membaca disekolah dasar terdiri dari
membaca permulaan dan membaca lanjut atau pemahaman. Tujuan penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Siswa Dalam Membaca Permulaan Kelas
II SDN 11 Batu Ampar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
kualitatif dalam bentuk studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan model
Miles dan Huberman yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
membaca permulaan siswa kelas II masih bervariasi. Beberapa siswa telah mampu
membaca kata dan kalimat sederhana serta memahami isi bacaan, sementara
sebagian lainnya masih mengalami kesulitan dalam mengenal huruf, mengeja, dan
membaca lancar. Faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan membaca permulaan
meliputi minat dan motivasi belajar, keterlibatan orang tua, pengalaman pendidikan
pra-sekolah, serta strategi pembelajaran yang digunakan guru. Sekolah telah
melakukan berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan ini, seperti program
membaca tambahan, pembiasaan membaca pagi, penggunaan media pembelajaran
visual, serta pendampingan khusus oleh guru. Dalam penelitian ini peneliti
menyimpulkan bahwa efektivitas upaya tersebut masih terbatas karena minat dan
motivasi belajar siswa yang kurang, kurangnya dukungan dari orang tua, dan
keterbatasan fasilitas literasi. Dengan demikian, diperlukan pendekatan yang lebih
kolaboratif antara sekolah dan keluarga, serta strategi pembelajaran yang lebih
adaptif terhadap kebutuhan masing-masing siswa, guna meningkatkan kemampuan
membaca permulaan secara menyeluruh. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi
referensi bagi pihak sekolah, guru, orang tua, dan peneliti lain dalam meningkatkan
kemampuan membaca permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Heni Heni
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:47
Last Modified: 11 Sep 2025 01:47
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item
View Item