Ota, Mulyono and HENDRIKUS, JULUNG and Yakobus, Bustami (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI METODE DEMONSTRASI. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi). ISSN ISSN 2540-802
artikeljpbio.pdf
Download (482kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang memperoleh hasil belajar kognitif
di bawah nilai ketuntasan minimal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa
pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dua
siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Dedai
kelas VIII B berjumlah 26 siswa yang dibelajarkan dengan metode demonstrasi. Instrumen
untuk mengukur hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif berupa nilai rata-rata
dan nilai ketuntasan klasikal. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukan bahwa pada siklus
I diperoleh 16 siswa tuntas dengan nilai rata-rata 58,15 dan ketuntasan klasikal 61,53%.
Selanjutnya pada siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dengan nilai rata-rata 75,19
dan ketuntasan klasikal sebesar 92,30% siswa masuk kategori baik. Hasil penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi biologi.
Kata Kunci: hasil belajar kognitif, metode demonstrasi, pembelajaran biologi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with username user1 |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 06:49 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 06:49 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/175 |