PENGEMBANGAN MEDIA POSTER BERBASIS KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS NEGOSIASI DI KELAS X SMA NEGERI 4 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Ratih, purwanti (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POSTER BERBASIS KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS NEGOSIASI DI KELAS X SMA NEGERI 4 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBSI_2117041557_BAS.pdf] Text
PBSI_2117041557_BAS.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of PBSI_2117041557_BA_TA.pdf] Text
PBSI_2117041557_BA_TA.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of PBSI_2117041557_Chapter 1.pdf] Text
PBSI_2117041557_Chapter 1.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of PBSI_2117041557_Chapter 5.pdf] Text
PBSI_2117041557_Chapter 5.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of PBSI_2117041557_Chapter 2.pdf] Text
PBSI_2117041557_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[thumbnail of PBSI_2117041557_Chapter 3.pdf] Text
PBSI_2117041557_Chapter 3.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of PBSI_2117041557_Chapter 4.pdf] Text
PBSI_2117041557_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of PBSI_2117041557_Appendix.pdf] Text
PBSI_2117041557_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68MB)

Abstract

Ratih Purwanti 2025. Pengembangan media poster berbasis komik untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teks negosiasi di kelas X SMA Negeri
4 Sintang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP
Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Yudita Susanti, S.S., M.Pd
Pembimbing 2: Tedi Suryadi, M.Pd.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Poster Berbasis Komik, Aplikasi Canva, Hasil
Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa poster
berbasis komik yang menggunakan aplikasi canva, dengan fokus pada peningkatan
hasil belajar siswa. Penelitian ini didasari oleh adanya kesulitan yang dialami siswa
saat memahami materi khususnya materi teks negosiasi, kurangnya minat dan
variasi dalam media pembelajaran sehingga membuat siswa merasa bosan karena
pembelajaran monoton. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode
penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D, yang meliputi tahapan
pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pada tahap
pendefinisian adalah tahap untuk mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan yang
diperlukan dalam proses pembelajaran. Tahap perancangan yaitu tahapan dimana
perangkat atau media pembelajaran dirancang dengan aplikasi canva. Kemudian
tahapan pengembangan yaitu tahapan media poster dikembangkan menjadi poster
berbasis komik. Dan tahapan terakhir yaitu penyebaran, tujuan pada tahap ini untuk
menyebarkan produk kepada responden penelitian. Alat pengumpulan data yang
digunakan seperti, lembar wawancara, lembar observasi, soal tes belajar, dan
angket. Hasil validasi ahli media menunjukan presentase sebesar 85%, sementara
ahli materi mendapatkan nilai 81,5%. Pada uji coba skala kecil terdapat peningkatan
dari hasil pre test 71,5 menjadi 89 pada nilai post test. Begitu juga pada uji coba
skala luas, dengan hasil pretest 76,38 menjadi 89,44 pada nilai post test.
Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran poster berbasis komik
menggunakan aplikasi canva memiliki potensi besar sebagai slaah satu media yang
efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasinya, penerapan medi
pembelajaran berbasis komik dapat memberikan dampak positif dalam proses
pembelajaran, yang membuat siswa menjadi lebih tertarik serta berperan aktif
selama proses pembelajaran, peningkatan hasil belajar siswa, dan juga merangsang
kreativitas guru dalam membuat bahan ajar yang inovatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ratih Purwanti
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:46
Last Modified: 11 Sep 2025 01:46
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1744

Actions (login required)

View Item
View Item