PENERAPAN MODEL PjBL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SINTANG

semigawati, wati (2025) PENERAPAN MODEL PjBL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SINTANG. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of SKRIPSI_SEMIGAWATI_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf] Text
SKRIPSI_SEMIGAWATI_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_US_TA.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_US_TA.pdf.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_Title.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_Title.pdf.pdf

Download (962kB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_SKP.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_SKP.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_Chapter 1.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_Chapter 1.pdf.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_Chapter 2.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_Chapter 2.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_Chapter 3.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_Chapter 3.pdf.pdf

Download (736kB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_Chapter 4.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_Chapter 4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[thumbnail of MATEMATIKA_210410056_Chapter 5.pdf.pdf] Text
MATEMATIKA_210410056_Chapter 5.pdf.pdf

Download (426kB)

Abstract

Semigawati. 2025. Penerapan Model PjBL Untuk Meningkatkan Minat Dan
Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sintang. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Persda Khatulistiwa Sintang.
Pembimbing I: Olenggius Jiran Dores, M.Pd, Pembimbing II: Beni Setiawan,
M.Pd.

Kata kunci: Model PjBL, Minat Belajar, Pemahaman Konsep

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan pemahaman
konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sintang. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan minat dan pemahaman konsep matematika siswa
menggunakan model PjBL (Project Based Learning). Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, lembar
observasi, lembar angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu
siswa kelas VII-D yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan
pengolahan data diperoleh bahwa persentase ketuntasan klasikal pemahaman
konsep matematika siswa meningkat dari siklus I sebesar 78% ke siklus II
menjadi 94%. Adapun peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dari
siklus I ke siklus II diperoleh rata-rata yaitu 70 menjadi 81. Hasil tersebut
menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep matematika siswa berada pada
kategori baik. Hasil observasi terhadap aktivitas guru diperoleh siklus I sebesar
68% dan siklus II menjadi 91% mengalami peningkatan 23% dan berada pada
kategori sangat baik. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa diperoleh siklus I
sebesar 69% dan siklus II menjadi 90% mengalami peningkatan 21% dan berada
pada kategori sangat baik. Selanjutnya, respon siswa terhadap model PjBL
diperoleh siklus I sebesar 79% dan siklus II menjadi 82% pada kategori sangat
baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan
minat dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sintang.
Diharapkan hasil penelitian ini memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai
minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa di SMP Negeri 2 Sintang.
Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan
pendidikan khususnya melalui penerapan model PjBL untuk meningkatkan minat
dan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Semigawati wati
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:30
Last Modified: 11 Sep 2025 01:30
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1672

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item