ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 07 BONGKONG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

DOMINIKA, LIDIA (2025) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 07 BONGKONG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oktaviana Lidia.2025. Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran TematiDominikak di SD Negeri 07 Bongkong tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.Pembimbing I: Thomas Joni Verawanto Aristo, M.Pd Pembimbing II: Adpriyadi., M.Pd

Kata Kunci : Tematik, Gaya Belajar, Sekolah Dasar

Proses pendidikan sekolah dalam kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok, karena berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan sangat tergantung pada bagaimana proses belajar yang dicapai peserta didik dalam masa pendidikan. Mata pelajaran tematik merupakan salah satu pelajaran yang diberikan secara berkesinambungan mulai dari jenjang pendidikan sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Tematik di SD Negeri 07 Bongkong Tahun Pelajaran 2023/2024, mendeskripsikan apa saja faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Tematik siswa di SD Negeri 07 Bongkong Tahun Pelajaran 2023/2024 dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam gaya belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Tematik siswa di SD Negeri 07 Bongkong Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa gaya belajar yang dominan dimiliki oleh siswa adalah gaya belajar auditorial. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan melakukan pendekatan yang holistik, seperti identifikasi kebutuhan siswa, penerapan metode pembelajaran yang bervariasi, serta memberikan dukungan individu kepada siswa. dengan adanya gaya belajar diharapkan mengenali gaya belajar pribadi (auditorial, visual ataupun kinestetik) untuk memaksimalkan pemahaman dalam belajar dan memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang disediakan oleh guru untuk mendukung proses belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DOMINIKA OKTAVIANA LIDIA
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:27
Last Modified: 11 Sep 2025 01:27
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item
View Item