RICI RIKARDUS, UCOK A (2025) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET DAN FENOMENA GAME ONLINE TERHADAP KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SUNGAI TEBELIAN. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PPKN_211702736_Title.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702736_Title.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PPKN_211702736_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702736_Chapter 1.pdf
Download (341kB)
![[thumbnail of PPKN_211702736_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702736_Chapter 2.pdf
Download (524kB)
![[thumbnail of PPKN_211702736_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702736_Chapter 3.pdf
Download (439kB)
![[thumbnail of PPKN_211702736_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702736_Chapter 4.pdf
Download (470kB)
![[thumbnail of PPKN_211702736_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702736_Chapter 5.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of PPKN_211702736_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PPKN_211702736_Appendix.pdf
Download (826kB)
Abstract
Rici Rikardus Ucok. A, 2025, Anlisis Dampak Penggunaan Gadget dan
Fenomena Game Online Terhadap Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama
Negeri 3 Sungai Tebelian, Skripsi, Program Studi PPKn STKIP Persada
Khatulistiwa Sintang, Pembimbing I: Mardawani, M.Pd, Pembimbing II: Fusnika,
M.Pd.
Kata Kunci: gadget, game online, karakter siswa.
Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan teknologi digital yang pesat telah
berdampak pada karakter siswa melalui penggunaan gadget dan game online
dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak
penggunaan gadget dan fenomena game online terhadap karakter siswa SMP
Negeri 3 Sungai Tebelian, baik dari segi pola penggunaan, dampak sosial,
emosional, maupun akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan
gadget dan game online memiliki dampak positif dalam hal penguasaan teknologi
dan akses informasi. Namun, secara signifikan juga ditemukan dampak negatif,
seperti menurunnya kemampuan bersosialisasi, kecanduan game online, dan
menurunnya nilai tanggung jawab serta disiplin siswa. Fenomena ini turut
memengaruhi karakter siswa dalam aspek sosial, emosional, dan akademik.
Dalam penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan gadget dan game
online berdampak terhadap karakter siswa SMP Negeri 3 Sungai Tebelian.
Dampak positif dan negatif tergantung pada intensitas dan kontrol penggunaan.
Oleh karena itu, peran guru dan orang tua sangat penting dalam membimbing
siswa agar bijak dalam menggunakan teknologi. Penelitian ini diharapkan dapat
menjadi referensi bagi pihak sekolah, guru, orang tua, dan peneliti lain dalam
menyikapi penggunaan gadget dan game online secara bijak serta memperkuat
pendidikan karakter di era digital.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Depositing User: | Rici Rikardus Ucok. A |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 00:41 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 00:41 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1618 |