Arum Sari, Tri (2025) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 PENGKADAN BARU. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulitiwa.
![[thumbnail of PGSD_2011061812_Tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061812_Tittle.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of PGSD_2011061812_Chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061812_Chapter1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (346kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061812_Chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061812_Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (385kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061812_Chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061812_Chapter3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (515kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061812_Chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061812_Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (542kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061812_Chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061812_Chapter5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061812_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061812_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of PGSD_2011061812_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061812_BAS_TA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (855kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061812_US_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061812_US_TA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (514kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061812_SKS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061812_SKS_TA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of PGSD_2011061812_BAU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061812_BAU_TA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (855kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061812_UU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061812_UU_TA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (526kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061812_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061812_SKU_TA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tri Arum Sari. 2024. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Hasil
Belajar Bahasa Indonesia pada Kelas IV SD Negeri 16 Pengkadan Baru Tahun
Pelajaran 2024/2025. Skripsi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing
I: Dr. Yakobus Bustami,S, Si, M.Pd. Pembimbing II: Tedi Suryadi, M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, Hasil Belajar, Bahasa
Indonesia
Keberhasilan pendidikan tidak lepas dari kemampuan yang dimiliki seorang
siswa, terutama pada kemampuan membaca pemahaman yang dimiliki agar dapat
menunjang hasil belajar yang maksimal. Kemampuan membaca pemahaman
adalah kemampuan untuk memahami sebuah isi bacaan. Hasil belajar dapat dilihat
dari terjadinya perubahan hasil masukan berupa motivasi dan harapan untuk
berhasil dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar bahasa
Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 16 Pengkadan Baru tahun pelajaran
2024/2025. Pendekatan penelitian digunakan adalah kuantitatif dengan
menggunakan metode penelitian yang berbentuk korelasi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah teknik pengukuran. Alat pengumpulan data berupa
soal tes kemampuan membaca pemahaman dan soal tes hasil belajar. Populasi
yang digunakan seluruh siswa kelas IV. Sampel penelitian berjumlah 31 siswa.
Berdasarkann hasil penelitian yang dilakukan di kelas IV menunjukan bahwa (1)
presentase kemampuan membaca pemahaman sebesar 67,2% yang termasuk
dalam kategori “Cukup”, (2) presentase hasil belajar bahasa Indonesia sebesar
71% yang tegolong dalam kategori “Baik”, dan (3) signifikansi korelasi
sebesar0,814 termasuk dalam kategori sangat kuat dengan hasil uji hipotesis (uji-t)
sebesar 7,425 sehingga dikatakan terdapat hubungan antara kemampuan membaca
pemahaman dengan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar bahasa Indonesia.
Penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa lebih giat lagi dalam belajar,
dapat memberikan dan menumbuhkan minat belajar pagi para siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Tri Arum Sari |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 00:40 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 00:40 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1602 |