PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE FONIK DAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI 29 NENAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Marsiana, Mitha Widiawaty (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE FONIK DAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI 29 NENAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of PGSD_2112061909_TITTLE.pdf.pdf] Text
PGSD_2112061909_TITTLE.pdf.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of PGSD_2112061909_CHAPTER1.pdf.pdf] Text
PGSD_2112061909_CHAPTER1.pdf.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of PGSD_2112061909_CHAPTER2.pdf.pdf] Text
PGSD_2112061909_CHAPTER2.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[thumbnail of PGSD_2112061909_CHAPTER3.pdf.pdf] Text
PGSD_2112061909_CHAPTER3.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[thumbnail of PGSD_2112061909_CHAPTER4.pdf.pdf] Text
PGSD_2112061909_CHAPTER4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[thumbnail of PGSD_2112061909-CHAPTER5.pdf.pdf] Text
PGSD_2112061909-CHAPTER5.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[thumbnail of PGSD_2112061909_CHAPTER6.pdf.pdf] Text
PGSD_2112061909_CHAPTER6.pdf.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of PGSD_2112061909_APPENDIX.pdf.pdf] Text
PGSD_2112061909_APPENDIX.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Marsiana Mitha Widiawaty, 2025. Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Metode Fonik dan Media Kartu Kata Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Negeri 29 Nenak Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd., Pembimbing II: Debora Korining Tyas, M.Pd.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Metode Fonik, Media Kartu Kata Bergambar
Kemampuan membaca bagi siswa Sekolah Dasar menjadi aspek fundamental untuk memahami berbagai mata pelajaran. Namun, di SD Negeri 29 Nenak, masih ditemukan siswa kelas II yang belum optimal dalam mengenal huruf dan membaca kata dengan lancar. Kondisi ini mendorong dilakukannya penelitian tentang peningkatan kemampuan membaca siswa melalui penggunaan metode fonik yang dipadukan dengan media kartu kata bergambar. Penelitian ini bertujuan menggunakan metode fonik dan media kartu kata bergambar dalam proses pembelajaran membaca; meningkatkan kemampuan membaca siswa; dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode dan media tersebut. Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dalam penelitian ini terbagi dalam tiga siklus. Subjek penelitian yaitu kelas II SD Negeri 29 Nenak yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode fonik yang digunakan dapat melatih pengenalan bunyi huruf dan pelafalan suku kata, dan media kartu kata bergambar mendukung pemahaman visual huruf dan kata; terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa dari 64,32 pada siklus I, menjadi 68,48 pada siklus II, dan mencapai 76,30 pada siklus III; ketuntasan nilai klasikal meningkat dari 58,33% pada siklus I menjadi 66,67% pada siklus II, dan mencapai 79,17% pada siklus III; selain itu, siswa menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran, ditandai dengan antusiasme dan keterlibatan aktif dalam proses belajar. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan metode fonik yang didukung media kartu kata bergambar dapat menjadi salah satu metode dan media yang terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 29 Nenak. Metode fonik dan media kartu kata bergambar adalah metode dan media pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan bermakna untuk digunakan dalam pembelajaran.

ABSTRACT
Marsiana Mitha Widiawaty, 2025. Improving Reading Ability Using the Phonics Method and Picture Word Card Media in Indonesian Language Subjects for Grade II Students of Public Primary School 29 Nenak in the 2024/2025 Academic Year. Undergraduate Thesis, Primary School Teacher Education Study Program, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Advisor I: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd. Advisor II: Debora Korining Tyas, M.Pd.
Keywords: Reading Ability, Phonics Method, Picture Word Card Media
Reading ability for elementary school students is a fundamental aspect for understanding various subjects. However, at public primary school 29 Nenak, there are still grade II students who are not yet optimal in recognizing letters and reading words fluently. This condition encourages research to be conducted on improving students' reading ability through the use of phonics methods combined with picture word cards. This study aims to use the phonics method and picture card media in the reading learning process; improve students' reading skills; and determine students' responses to the use of these methods and media. The Classroom Action Research (CAR) approach used in this study is divided into three cycles. The subjects of the study were class II of public primary school 29 Nenak, totaling 24 students. Data collection includes observation, tests, interviews, and documentation. The results of the study showed that the use of the phonics method used can train the recognition of letter sounds and syllable pronunciation, and the media of picture word cards supports visual understanding of letters and words; there was an increase in the average student score from 64.32 in cycle I, to 68.48 in cycle II, and reached 76.30 in cycle III; the completion of classical scores increased from 58.33% in cycle I to 66.67% in cycle II, and reached 79.17% in cycle III; in addition, students showed a positive response to learning, marked by enthusiasm and active involvement in the learning process. Thus, based on the results of this study, the use of phonics methods supported by picture word card media can be one of the methods and media that have proven effective in improving the reading skills of grade II students of public primary school 29 Nenak. The phonics method and picture word card media are interesting, fun and meaningful learning methods and media to use in learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Marsiana Mitha Widiawaty
Date Deposited: 15 Aug 2025 01:53
Last Modified: 15 Aug 2025 01:53
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1496

Actions (login required)

View Item
View Item