UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Lilis, Orikin (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of mtk_190210018_tittle.pdf] Text
mtk_190210018_tittle.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of mtk_190210018_chapter1.pdf] Text
mtk_190210018_chapter1.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of mtk_190210018_chapter2.pdf] Text
mtk_190210018_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[thumbnail of mtk_190210018_chapter3.pdf] Text
mtk_190210018_chapter3.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of mtk_190210018_chapter4.pdf] Text
mtk_190210018_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[thumbnail of mtk_190210018_chapter5.pdf] Text
mtk_190210018_chapter5.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of mtk_190210018_appendix.pdf] Text
mtk_190210018_appendix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Lilis Orikin.2023. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Nurapni Sopia, M.Pd, Pembimbing II: Beni Setiawan, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Jigsaw Penelitian dilatarbelakangi oleh pada permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Tebelian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X – B SMA Negeri 1 Sungai Tebelian yang berjumlah 26 orang peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam analisis penelitian berupa lembar observasi, soal tes, dan angket. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) lembar observasi guru siklus I dengan persentase keseluruhan sebesar 86%, sedangkan siklus II sebesar 98% mengalami peningkatan sebesar 12%. Hasil observasi siswa siklus I sebesar 75%, sedangkan siklus II sebesar 98% sehingga terjadi peningkatan 23%. 2) Berpikir kritis siswa siklus I dengan rata-rata sebesar 67 dengan ketuntasan klasikal 85%, sedangkan hasil belajar siklus II dengan rata- rata sebesar 88 dengan ketuntasan klasikal 85% sehingga terjadi peningkatan sebesar 21%. 3) Hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata sebesar 65 dengan ketuntasan klasikal 85%, sedangkan hasil belajar siklus II dengan rata- rata sebesar 88 dengan ketuntasan klasikal 85% sehingga terjadi peningkatan sebesar 23%. 4) Angket respon siswa menunjukkan respon positif terhadap model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kesimpulannya adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:02
Last Modified: 25 Jun 2025 03:02
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1482

Actions (login required)

View Item
View Item