PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KETUNGAU TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

martinus, martinus (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KETUNGAU TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of B.Indonesia_1713041428 _tittle.pdf] Text
B.Indonesia_1713041428 _tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B.Indonesia_1713041428 _chapter1.pdf] Text
B.Indonesia_1713041428 _chapter1.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of B.Indonesia_1713041428 _chapter2.pdf] Text
B.Indonesia_1713041428 _chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[thumbnail of B.Indonesia_1713041428 _chapter3.pdf] Text
B.Indonesia_1713041428 _chapter3.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of B.Indonesia_1713041428 _chapter4.pdf] Text
B.Indonesia_1713041428 _chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[thumbnail of B.Indonesia_1713041428 _chapter5.pdf] Text
B.Indonesia_1713041428 _chapter5.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of B.Indonesia_1713041428 _appendix.pdf] Text
B.Indonesia_1713041428 _appendix.pdf

Download (11MB)

Abstract

Martinus. 1713041428. 2021, Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Model Pembelajaran Concept Sentence Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Ketungau Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Seni STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr Yusuf Olang M.Pd. Pembimbing II: Valentinus Ola Beding, S.S.,M.Pd. Kata Kunci: Menulis Teks Berita, Concept Sentence. Penelitian ini di belakangi oleh nilai siswa masih tergolong rendah dalam pembelajaran menulis teks berita, hal ini terlihat dari nilai siswa. Berdasarkan dari jumlah 22 orang siswa hanya 10 orang yang tuntas, sedangkan 12 siswa tidak tuntas, masih banyak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu, 66.T ujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki hasil proses pembelajaran, peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan Concept Sentence. Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan bentuk penelitian adalah penelitian tindak kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Ketungau Tengah dengan jumlah siswa 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu, teknik observasi, wawancara, tes, teknik dokumentasi, dengan alat pengumpulan data, lembar observasi, lembar wawancara, lembar tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh jumlah tuntas 12 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 64 dan persentase ketuntasan 55%. Selanjutnya pada siklus II jumlah yang tuntas 17 oarng dengan nilai rata-rata 70 dan persentase ketuntasan 77% siswa masuk kategori baik, terjadi peningkatan 22%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dapat memperbaiki proses belajar dan dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis teks berita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:25
Last Modified: 16 Jun 2025 02:25
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item
View Item