PENGEMBANGAN KARAKTER KEBANGSAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI ALTERNATIF PADA PENDIDIKAN INFORMALDI KABUPATEN SINTANG

Mardawani, Mardawani and Lusiana, Lusiana (2017) PENGEMBANGAN KARAKTER KEBANGSAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI ALTERNATIF PADA PENDIDIKAN INFORMALDI KABUPATEN SINTANG. Jurnal PEKAN Vol 2 No 2 Edisi November 2017. ISSN 2540 - 8038

[thumbnail of 3.pdf] Text
3.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil pengamatan terhadap fenomena yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia umumnya dan Kalimantan Barat khususnya telah terjadi gejala krisis moral, dan rapuhnya karakter suatu bangsa, dapat terjadi disebabkan oleh rendahnya pendidikan karakter yang berbasis kearifan lokal di bangku sekolah, keluarga, dan di masyarakat.Dalam proses pendidikan karakter peran orang tua sangat diperlukan. Hasil pengamatan dilapangan ditemukan bahwa pada hakikatnya pendidikan penting dalam
lingkungan keluarga bagi perkembangan anak-anak menjadi manusia yang berkepribadian dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.Kearifan lokal di masyarakat Sintang lebih kepada nilai-nilai anutan lokal yang telah berkembang
menjadi adat-istiadat atau tradisi yang membudaya di tengah masyarakat pada umumnya. Nilai-nilai tersebut terdiri dari lokal wisdom yang kaya dengan pluralitas, toleransi dan gotong royong yang tampak pada bahasa lokal, kebiasaan,
upacara keagamaan, adat-istiadat, gotong royong dan kesetiakawanan sosial. Orang tua pada umumnya telah melaksanakan pendidikan berbasis karakter kebangsaan dengan menekankan pentingnya aspek moral dan ke-Tuhan-an. Proses pendidikan informal diupayakan untuk pendidikan nilai sedini mungkin dan agar dapat menjadi bekal dan melekat sepanjang hayat anak.

Kata kunci: Karakter Kebangsaan, Kearifan Lokal, Pendidikan Informal.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:29
Last Modified: 07 Jun 2023 07:29
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item
View Item