YUNI, SARA (2021) META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051388_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051388_tittle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051388_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051388_chapter1.pdf
Download (171kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051388_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051388_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (198kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051388_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051388_chapter3.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051388_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051388_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (50kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051388_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051388_chapter5.pdf
Download (28kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1612051388_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1612051388_appendix.pdf
Download (1MB)
Abstract
Yuni Sara. 2021. Meta-Analisis Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran IPA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Yakobus Bustami, S.Si. M. Pd, Pembimbing II: Yasinta Lisa, S,Si. M. Cs.Kata Kunci: Meta-Analisis, Jigsaw, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif.Meta-Analisis merupakan suatu teknik statistika untuk menggambarkan hasil dua atau lebih penelitian sejenis sehingga diperoleh paduan data secara kuantitatif. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian meta-Analisis terbaru khususnya mengenai model pembelajaran Jigsaw pada pembelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA. Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas "model pembelajaran “Jigsaw" dan variabel terikat "kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif". Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan metode kuantitatif deskritif. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu meta- Analisis. Sampel yang digunakan dalam penelitian terdiri atas 8 artikel publikasi ilmah. Instrumen yang digunakan berupa lembar pemberian kode (coding data) kategori pada artikel. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: 1) model pembelajaran Jigsaw pada pembelajaran IPA berpengaruh besar pada pembelajaran IPA dengan effect size sebesar 0,76 dengan kategori efek tinggi. 2) Model pembelajaran Jigsaw pada mata pembelajaran IPA berdasarkan kemampuan berpikir kritis memiliki nilai sebesar 0,84 dengan kategori efek tinggi. 3) Model pembelajaran Jigsaw pada pembelajaran IPA berdasarkan hasil belajar kognitif memiliki nilai sebesar 0,69 dengan kategori efek sedang. 4) Perhitungan nilai peningkatan n-Gain pada kemampuan berpikir kritis dengan perolehan nilai sebesar 0,3 dengan kategori sedang. 5) Perhitungan nilai peningkatan n-Gain pada hasil belajar kognitif dengan perolehan nilai sebesar 0,4 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:36 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:36 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1336 |