PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BIKA

FRANSISKA, IMELDA FITRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BIKA. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1713051402_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_1713051402_tittle.pdf

Download (738kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051402_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1713051402_chapter1.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051402_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1713051402_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051402_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1713051402_chapter3.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051402_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1713051402_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051402_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1713051402_chapter5.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051402_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_1713051402_appendix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fransiska Imelda Fitri, 2021. Pengaruh Model Quantum Teaching dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Virus di Kelas X IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: F. Rahayu Esti Wahyuni, S.Si. M.Pd, Pembimbing II: Yuniarti Essi Utami, M.Pd.Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Teknik Mind Mapping, Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Virus.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang kurang aktif, takut atau malu untuk mengemukakan pendapat, sehingga berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kristis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Quantum Teaching dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Virus. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas model pembelajaran quantum teaching dan variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kristis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre- eksperimen dengan desain penelitian tratment. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Hasil analisis lembar observasi guru sebesar 100% yang berkriteria sangat baik dan lembar observasi siswa sebesar 94,55% yang berkriteria sangat baik. Berdasarkan uji hipotesis pretest dan posttest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < α yakni 0.000 < 0,05 H1 diterima dan H0 ditolak, yakni terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara pretest dan posttest pada materi virus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:17
Last Modified: 12 Jun 2025 02:17
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1335

Actions (login required)

View Item
View Item