META-ANALISIS PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR

Neni, Pebrianti (2021) META-ANALISIS PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of Biologi_1612051370_tittle.pdf] Text
Biologi_1612051370_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Biologi_1612051370_chapter1.pdf] Text
Biologi_1612051370_chapter1.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of Biologi_1612051370_chapter2.pdf] Text
Biologi_1612051370_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[thumbnail of Biologi_1612051370_chapter3.pdf] Text
Biologi_1612051370_chapter3.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of Biologi_1612051370_chapter4.pdf] Text
Biologi_1612051370_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[thumbnail of Biologi_1612051370_chapter5.pdf] Text
Biologi_1612051370_chapter5.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Biologi_1612051370_appendix.pdf] Text
Biologi_1612051370_appendix.pdf

Download (866kB)

Abstract

Pebrianti. N. 2021. Meta-Analisis Model Pembelajaran Cooperative Script pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Markus Iyus Supiandi, M.Pd. Pembimbing II: F.R.Esti Wahyuni,S.Si,M.Pd.
Kata kunci: Meta-Analisis, Cooperative Script , Hasil Belajar.
Pembelajaran biologi menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Olehnya itu, siswa perlu dibimbing untuk mengembangkan sejumlah keterampilan proses agar mereka mampu mengkaji dan memahami alam sekitar. Berdasarkan permasalahan yang telah di paparkan tersebut, peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian tentang “Meta-Analisis Model Pembelajaran Cooperative Script” pada bidang Biologi Tujuan dari penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh effectivitas pembelajaran Cooperative Script pada pembelajaran biologi. Cooperative script model belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajarinya dalam ruangan kelas.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskritif juantitatif. Dengan metode meta-analisis. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 10 artikel dan skripsi publikasi ilmiah.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar kode (Coding) teknik dokumentasi dengan kategori pada artikel skripsi publikasi ilmiah. Hasil penelitian ini berdasarkan jenjang pendidikan tingkat SMP 0,12 dengan kategori effect sedang dan pada pendidikan jenjang SMA 0,41 dengan kategori effect tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan effect size hasil belajar secara keseluruhan 0,77 dengan kategori effect tinggi Kesimpulan berdasarkan penelitian yang dianalisis bahwa cooperative script memiliki effect yang tinggi pada jenjang SMA. Saran dapat bermanfaat bagi guru dan bagi pembaca lainnya dalam menggunakan model pembelajaran cooperative script.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Jun 2025 08:21
Last Modified: 11 Jun 2025 08:21
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item
View Item