Mirnawati, Mirnawati (2021) META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA ASPEK BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SAINS. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051411_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051411_tittle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051411_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051411_chapter1.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051411_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051411_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (227kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051411_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051411_chapter3.pdf
Download (217kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051411_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051411_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (120kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051411_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051411_chapter5.pdf
Download (95kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051411_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051411_appendix.pdf
Download (1MB)
Abstract
Mirnawati. 2021, Meta-Analisis Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Aspek Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sains. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr.Yakobus Bustami, S. Si., M. Pd., Pembimbing II: Yuniarti Essi Utami, M. Pd Kata Kunci: Meta-Analisis, TGT, Berpikir Kritis, Kognitif Siswa Hasil belajar kognitif merupakan perolehan nilai dari proses belajar mengajar yang dilaksanakan dikelas yang dilakukan oleh siswa dan guru. Hasil belajar kognitif tidak akan berhasil apabila siswa tidak memiliki suatu aspek berpikir kritis. Aspek berpikir kritis tersebut perlu bimbingan dari guru supaya lebih baik dan maksimal dengan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT). Teams Game Tournament (TGT) menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5 sampai 6 siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan suku atau ras yang berbeda-beda untuk saling membantu antar siswa yang berkemampuan lebih dengan siswa yang berkemampuan kurang dalam menguasai materi pelajaran sehingga cocok digunakan dijenjang pendidikan SMP dan SMA karena mengarah pada berpikir kritis dan diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besar pengaruh penggunaan model pembelajaran pada aspek berpikir kritis dan aspek kognitif siswa secara keseluruhan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif, bentuk penelitian studi meta analisis. Sampel yang digunakan 26 publikasi ilmiah artikel. Instrumen berupa lembaran pemberian kode (coding) kategori pada artikel. Hasil penelitian berdasarkan jenjang pendidikan SMP dan SMA dengan kategori effect size, masing-masing diperoleh 0,24 kategori efek sedang 0,59 kategori efek besar. Berdasarkan variabel aspek berpikir kritis dan hasil belajar kognitif 0,44 dengan kategori efek besar dan berpikir kritis 0,50 kategori efek besar. Efektifitas model pembelajaran Game Tournament (TGT) pada jenjang pendidikan SMP dan SMA sangat berpengaruh terhadap hasil belajar, sedangkan variabel terikat sama memiliki efek yang besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 08:02 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 08:02 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1325 |