Martinus, Budi (2021) META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of Biologi_1612051367_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051367_tittle.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Biologi_1612051367_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051367_chapter1.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051367_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051367_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (194kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051367_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051367_chapter3.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051367_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051367_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (72kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051367_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051367_chapter5.pdf
Download (44kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051367_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051367_appendix.pdf
Download (2MB)
Abstract
Martinus Budi. 2021. Meta-Analisis Model Pembelajaran Reading, Questioning And Answering (RQA) Pada Mata Pelajaran Biologi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Benediktus Ege, M.Pd, Pembimbing II: Yunarti Essi Utami, M.Pd. Kata Kunci: Meta-Analisis, RQA, Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif, Retensi. Meta-analisis merupakan suatu teknik statistika untuk menggambarkan hasil dua atau lebih penelitian sejenis sehingga diperoleh paduan data secara kuantitatif. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian meta-analisis terbaru khususnya mengenai model pembelajaran RQA pada pembelajaran biologi terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif dan retensi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif dan retensi siswa pada mata pelajaran biologi. Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas"model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA)" dan variabel terikat "keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif dan retensi". Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan metode kuantitatif deskritif. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu studi meta-analisis. Sampel yang digunakan dalam penelitian terdiri atas 9 artikel publikasi ilmah dengan pengelompokan 2 artikel terakreditasi di SINTA dan 7 artikel yang tidak terakreditasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar pemberian kode (coding data) kategori pada artikel. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: 1) model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) pada mata pelajaran biologi berpengaruh besar pada pembelajaran biologi dengan effect size sebesar 0,49 dengan kategori efek besar. 2) Model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) pada mata pelajaran biologi berdasarkan keterampilan metakognitif memiliki nilai sebesar 0,34 dengan kategori efek besar. 3) Model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) pada mata pelajaran biologi berdasarkan hasil belajar kognitif memiliki nilai sebesar 0,52 dengan kategori efek besar. 4) Model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) pada mata pelajaran biologi berdasarkan retensi memiliki nilai sebesar 0,15 dengan kategori efek sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 07:43 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 07:43 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1320 |