META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PELAJARAN IPA

GUDELLIA MARIA, MAGDALENA (2021) META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PELAJARAN IPA. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1612051361_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_1612051361_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051361_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1612051361_chapter1.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051361_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1612051361_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051361_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1612051361_chapter3.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051361_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1612051361_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051361_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1612051361_chapter5.pdf

Download (167kB)

Abstract

Magdalena, Maria, G. 2021. “Meta Anaisis Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran IPA”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Didin Syafruddin, SP, M. Si. Pembimbing II: F.R Esti Wahyuni,S. Si, M. Pd Kata Kunci: Meta-Analisis, Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran IPA Judul penelitian ini adalah “Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran IPA” dengan tujuan untuk mengetahui seberapa tinggi pengarauh Effect Size menggunakan model Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar kognitif, pada pembelajaran Biologi, Fisika dan kimia. Penelitian ini menggunakan pendakatan kuantitatif metode meta analisis bentuk penelitian studi meta analisis bersifat eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 14 artikel dan 1 skripsi. Berdasarkan hasil perhitungan Effect Size terdapat pengaruh terhadap hasil belajar kognitif dengan rata-rata 1.05 dengan kategori efek Tinggi. Hasil perhitungan Effect Size
Berdasarkan mata pelajaran pelajaran memperoleh nilai rata-rata 1.05 kategori efek tinggi. Hasil perhitungan Effect Size berdasarkan materi pembelajaran
memperoleh nilai rata-rata 1.36 dengan kategori efek sangat tinggi. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) terdapat pengaruh yang
tinggi terhadap hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPA. Berdasarkan proses dalam penelitian meta analisis yang telah dilakukan menunjukkan ada beberapa
kekurangan sehingga peneliti memiliki saran bahwa dalam penggunaan Model Group Investigation (GI) sebaiknya menggunakan media atau dipadukan menggunakan model lain, pilihlah sesuai dengan materi yang akan dipelajari dan mudah dipahami bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:43
Last Modified: 11 Jun 2025 07:43
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item
View Item