META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Anung Nur, Aida (2021) META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1410051306_tittel.pdf] Text
BIOLOGI_1410051306_tittel.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1410051306_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1410051306_chapter1.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1410051306_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1410051306_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1410051306_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1410051306_chapter3.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1410051306_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1410051306_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1410051306_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1410051306_chapter5.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1410051306_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_1410051306_appendix.pdf

Download (274kB)

Abstract

Anung Nur Aida.2021, Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Didin Syafruddin, S.P, M.Si., Pembimbing II: Hendrikus Julung, M.Pd. Kata Kunci: Meta Analisis, Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kreatif Pendidikan merupakan bagian dari kegiatan kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Pendidikan Nasional bertujuan untuk berkembangnya kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pembelajaran juga merupakan aspek Utama dalam proses pendidikan karena pengalaman belajar yang dihayati siswa selama pembelajaran akan sangat berperan dalam pembentukan kemampuannya, baik kognitif, psikomotor dan afektif yang selanjutnya akan menentukan mutu pendidikan. Orientasi pembelajaran yang semula terfokus pada pengajar (teacher centered) beralih pada pembelajar (student centered).Maka diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih efektif yaitu membuat siswa lebih kreaktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Problem Based Learning(PBL). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model pambelajaran Problem Based Learning(PBL)terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA.Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas “model pembelajaran Problem Based Learning(PBL)” dan variabel terikat “kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif deskriptif, dan bentuk penelitian studi meta analisis. Sampel yang digunakan dalam penelitian terdiri atas 5 artikel publikasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar pemberian kode (coding data)kategori pada artikel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Nilai effect size pada jenjang SMP 116.66 dengan kategori “sangat tinggi”. 2) sementara pada jenjang SMA 69.96 dengan kategori “sangat tinggi” dan hasil Rata-rata efektivitas pembelajaran (PBL) terhadap berpikir kreatif sebesar 88.64 dengan kategori “efek sangat tinggi”. Kesimpulan secara umum bahwa efektivitas model pembelajaran(PBL) pada pelajaran IPA jenjangpendidikan SMP memiliki pengaruh yang sama dengan jenjang pendidikan SMA, sedangkanvariabelterikatberpikir kreatif berpengaruhbesar pada pelajaran IPA. Saran Guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran (PBL) dalam proses pelajaran IPA disekolah, bagi peneliti pengambilan sampel penelitian sebaiknya diambil dari berbagaisumber dan Penelitian meta analisis merupakan penelitian yang baru sehingga harus teliti dan detail.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Jun 2025 02:37
Last Modified: 11 Jun 2025 02:37
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1304

Actions (login required)

View Item
View Item