ANGGELINA, ANGGELINA (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TINGKAT EKOSISTEM KELAS X SMA IMMANUEL SINTANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051458_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051458_tittle.pdf
Download (861kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051458_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051458_chapter1.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051458_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051458_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (306kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051458_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051458_chapter3.pdf
Download (526kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051458_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051458_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (694kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051458_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051458_chapter5.pdf
Download (100kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2016051458_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2016051458_appendix.pdf
Download (2MB)
Abstract
Anggelina. 2016051458. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di kelas XI SMA Immanuel Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Kahtulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Hilarius Jago Duda, S. Si., M. Pd. Pembimbing II: Yuniarti Essi Utami, M. Pd. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Kontekstual. Proses pembelajaran IPA khususnya materi keanekaragaman hayati tingkat ekosistem SMA Imannuel Sintang hanya menggunakan buku cetak dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai bahan ajar mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pengembangan modul berbasis kontekstual pada materi keanekaragaman hayati tingkat ekosistem kelas X SMA Imannuel Sintang Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan metode kualitatif dan kuantitatif Prosedur pengembangan yaitu: yaitu analisis (Analyzing), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluate). Populasi dalam penelitian ini adalah 16 siswa kelas X. Alat pengumpulan data, Lembar validasi ahli, angket respon siswa dan soal tes. Teknik analisis data, Analis kevalidan modul dan analisis kemenrikan modul. Hasil penelitian ini adalah: Prosedur pengembangan modul melalui 3 tahap yaitu analisis siswa, analisis kurikulum dan analisis materi. Modul berbasis kontekstual layak digunakan berdasarkan hasil yang diperoleh dari validasi ahli materi, ahli media dan ahli parktis dengan jumlah skor 1118 dan rata-rata pesentase 3,72%. Respon siswan terhadap penggunaan modul berbasis kontekstual pada materi keanekaragaman hayati tingkat ekosistem adalah menarik. Terlihat dari hasil angket rspeon siswa kelas XI dengan jumlah responden 9 memperoleh jumlah skor 611 dengan rata-rata persentase 67,88 %. Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan modul berbasis kontekstual pada materi keanekaragaman hayati tingkat ekosistem kelas X SMA Imannuel Sintang Tahun Ajaran 2023/2024 layak digunakan. Saran: Bagi guru, bagi penelitian selanjutnya dan bagi pengembanagan modul.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:48 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 02:48 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1271 |