PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA

AHMAD, AHMAD (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1713051391_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_1713051391_tittle.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051391_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1713051391_chapter1.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051391_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1713051391_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051391_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1713051391_chapter3.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051391_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1713051391_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051391_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1713051391_chapter5.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1713051391_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_1713051391_appendix.pdf

Download (11MB)

Abstract

Ahmad, 2022. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Efektivitas Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Benediktus Ege,M.Pd, Pembimbing II: Yuniarti Essi Utami, M.Pd. Kata kunci: Modul Pembelajaran Biologi, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran biologi berbasis keterampilan proes sains pada tumbuhan lumut (bryophyta) yang memiliki kelayakan dan efektivitas modul terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan ( Research & Development) pada model pengembangan 4-D, yang dimulai pada tahap define (pendefinisisan) dengan menganalisis tujuan, tahap design (perencanaan) dengan menyusun modul, dan tahap develop (pengembangan) yang menghasilkan produk yang telah direvisis dan telah di ujicobakan pada uji coba terbatas. Adapun yang menjadi subjek penelitian pengembangan adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Nusantara Indah Sintang yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini mengunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data uji coba yang diperoleh modul pembelajaran biologi berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan sangat valid, ditinjau dari hasil validator ahli materi dan media, dengan nilai rata-rat ahli materi sebesar 4,44 dengan persentase 88% dan nilai rata-rata ahli media sebesar 4,63 dengan persentase 93,78% dengan kategori modul sangat layak. Hasil respon siswa terhadap penilain modul pembelajaran sebesar 95,55% dengan kriteria sangat layak. Efektivitas modul dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar pretest sebesar 64,54% dan hasi belajar posttest sebesar 75,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran biologi berbasis keterampilan proses sains berpengaruh secara signifikan terhadap
efektivitas hasil belajar siswa, yang dilihat dari hasil belajar postets lebih besar dari pretest dengan nilai rata-rata posttest siswa sebesar 75,88% dan rata-rata pretest sebesar 64,54% dengan kategori efektivitas modul sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 10 Jun 2025 01:23
Last Modified: 10 Jun 2025 01:23
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item
View Item