MOTIVASI MENJADI GURU PAUD (STUDI KASUS PADA GURU DI PAUD LANDAU BIU DESA BELIMBING TAHUN PELAJARAN 2023/2024)

Maria, yam (2024) MOTIVASI MENJADI GURU PAUD (STUDI KASUS PADA GURU DI PAUD LANDAU BIU DESA BELIMBING TAHUN PELAJARAN 2023/2024). Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of PG PAUD_200408116_Tittle.pdf] Text
PG PAUD_200408116_Tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PG PAUD_200408116_chapter1.pdf] Text
PG PAUD_200408116_chapter1.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408116_chapter2.pdf] Text
PG PAUD_200408116_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408116_chapter3.pdf] Text
PG PAUD_200408116_chapter3.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408116_chapter4.pdf] Text
PG PAUD_200408116_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408116_chapter5.pdf] Text
PG PAUD_200408116_chapter5.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408116_appendix.pdf] Text
PG PAUD_200408116_appendix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Maria Yam, 2024. Motivasi menjadi Guru PAUD (Studi Kasus Pada Guru di PAUD Landau Biu Desa Belimbing Tahun Pelajaran 2023/2024). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Suryameng, M.Pd., Pembimbing II Fransiska, S.Psi.,M.Pd Kata Kunci : Motivasi, Guru PAUD Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekosongan guru PAUD atau TK di PAUD Landau Biu, sementara banyak anak usia 3-6 tahun yang memerlukan Pendidikan awal di PAUD atau TK. Hal ini berkaitan dengan motivasi untuk menjadi guru PAUD atau TK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Faktor intrinsik dan ekstrinsik motivasi menjadi guru di PAUD Landau Biu Desa Belimbing Tahun Pelajaran 2023/2024, 2) Ciri-ciri motivasi guru di PAUD Landau Biu Desa Belimbing Tahun Pelajaran 2023/2024, 3) Fungsi motivasi kerja guru di PAUD Landau Biu Desa Belimbing Tahun Pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah dan 3 orang guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interactive Model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa : 1) Faktor intrinsik dan ekstrinsik motivasi menjadi guru di PAUD Landau Biu adalah faktor intrinsik berupa keinginan (guru selalu ingin
melayani anak didik dengan berusaha memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak didik), kemampuan (guru menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dengan cara bermain atau bernyanyi sedangkan pada factor ekstrinsik yaitu pujian dimana guru selalu mendapat apresiasi berupa ucapan terima kasih dari orang tua murid sesama guru dan anak didik setelah selesai mengajar, 2) Ciri-ciri motivasi guru di PAUD Landau Biu adalah menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah yaitu guru menyelesaikan masalah ketika ada siswa yang bertengkar, lebih senang bekerja mandiri dimana guru memiliki rasa tanggung jawab penuh terhadap tugas-tugasnya seperti kehadiran saat di sekolah, senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal 3) Fungsi motivasi kerja guru di PAUD Landau Biu adalah mendorong manusia untuk berbuat (guru mengajak anak-anak membuat kerajinan tangan seperti membuat anyaman) dan menentukan arah perbuatan (guru mengajarkan kepada anak sikap saling tolong menolong seperti meminjamkan temannya pensil).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 09 Jun 2025 03:26
Last Modified: 09 Jun 2025 03:26
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item
View Item