PERAN GURU DALAM MENGAJARKAN BAHASA INDONESIA (STUDI KASUS PADA SISWA “J” DI TK A GRAHA MULIA SINTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023)

Arni, Epo (2023) PERAN GURU DALAM MENGAJARKAN BAHASA INDONESIA (STUDI KASUS PADA SISWA “J” DI TK A GRAHA MULIA SINTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023). Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of PG PAUD_190308060_Tittle.pdf] Text
PG PAUD_190308060_Tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PG PAUD_190308060_chapter1.pdf] Text
PG PAUD_190308060_chapter1.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308060_chapter2.pdf] Text
PG PAUD_190308060_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308060_chapter3.pdf] Text
PG PAUD_190308060_chapter3.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308060_chapter4.pdf] Text
PG PAUD_190308060_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308060_chapter5.pdf] Text
PG PAUD_190308060_chapter5.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308060_appendix.pdf] Text
PG PAUD_190308060_appendix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Arni Epo, 2022. Peran guru dalam mengajarkan bahasa Indonesia (Studi kasus pada siswa “J” di TK A Graha Mulia Sintang tahun pelajaran 2022/2023). Skripsi.
Program Studi PG-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Fransiska, S. Psi,. M.Pd., Pembimbing II: Adpriyadi, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Mengajarkan Bahasa Indonesia, Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Peran guru dalam mengajarkan bahasa Indoensia (pada siswa “J” di TK A Graha Mulia Sintang tahun pelajaran 2022/2023), 2) Faktor yang mempengaruhi kemampuan bahasa Indonesia (pada siswa “J” di TK A Graha Mulia Sintang tahun pelajaran 2022/2023), 3) Upaya guru dalam mengajarkan bahasa Indoensia (pada siswa “J” di TK A Graha Mulia Sintang tahun pelajaran 2022/2023). Objek penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari 2 orang guru dan 1 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi kasus. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah interactive model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data,reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dalam mengajarkan bahasa Indonesia yang sudah dikuasai oleh guru yaitu: peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai model, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai pengajar, peran guru sebagai komunikator, peran sebagai administrator dan peran guru sebagai setiawan dalam lembaga pendidikan. 2) Faktor yang mempengaruhi kemampuan bahasa Indonesia yaitu: perkembangan kecerdasan, jenis kelamin, lingkungan keluarga, kondisi ekonomi, pengaturan sosial (lingkungan budaya) dan penggunaan dua bahasa. 3) Upaya guru dalam mengajarkan bahasa Indonesia yaitu: guru menyampaikan pesan dan anak diajak
untuk mengulang apa yang disampaikan guru, mengungkapkan bahasa dengan tanya jawab dan keaksaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:54
Last Modified: 04 Jun 2025 07:54
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item
View Item