ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELOMPOK B DI PAUD BINA HARAPAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Yulsira, Yulsira (2023) ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELOMPOK B DI PAUD BINA HARAPAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of PG PAUD_180208053_tittle.pdf] Text
PG PAUD_180208053_tittle.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of PG PAUD_180208053_chapter1.pdf] Text
PG PAUD_180208053_chapter1.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of PG PAUD_180208053_chapter2.pdf] Text
PG PAUD_180208053_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[thumbnail of PG PAUD_180208053_chapter3.pdf] Text
PG PAUD_180208053_chapter3.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of PG PAUD_180208053_chapter4.pdf] Text
PG PAUD_180208053_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[thumbnail of PG PAUD_180208053_chapter5.pdf] Text
PG PAUD_180208053_chapter5.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of PG PAUD_180208053_appendix.pdf] Text
PG PAUD_180208053_appendix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yulsira. 2022, Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelompok B Di PAUD Bina Harapan Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Yohanes Berkhmas Mulyadi.S,Fil,M.Psi,Pembimbing II: Sarayati, M.Pd.
Kata kunci:Keaktifan Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan: keaktifan belajar siswa kelompok B di PAUD Bina harapan tahun pelajaran 2022/2023, (2) mengetahui faktor penghambat dan pendorong keaktifan belajar siswa kelompok B di PAUD Bina harapan tahun pelajaran 2022/2023, (3) mendeskripsikan upaya guru dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa kelompok B di PAUD Bina harapan tahun pelajaran 2022/2023.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelompok B di PAUD Bina harapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan bentuk deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data versi Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) keaktifan belajar siswa kelompok B di PAUD Bina harapan tahun pelajaran 2022/2023 yaitu anak bersemangat, berani bertanya, demonstrasi, mengemukakan pendapat, mendengarkan, membaca menulis, mengamati, mengingat, dan tidak gugup. (2) faktor penghambat dan pendorong keaktifan belajar siswa kelompok B di PAUD Bina Harapan tahun pelajaran 2022/2023 antara lain faktor penghambatnya yakni masih kurang tenaga pendidik dan fasilitas yang sangat minim, sedangkan faktor pendorong keaktifan belajar siswa yaitu keadaan fisik, perhatian, teman sebaya, tempat dan metode pembelajaran. (3) upaya guru dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa kelompok B di PAUD Bina Harapan tahun pelajaran 2022/2023 yaitu guru menggunakan metode tanya jawab, memberikan motivasi, pemberian hadiah, metode eksperimen, dan metode cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:53
Last Modified: 04 Jun 2025 07:53
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item
View Item