PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMK SE-KOTA SINTANG

Maria, Regina Miserikordia Terai Wuring (2023) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMK SE-KOTA SINTANG. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of Kompurer_190209023_tittle.pdf] Text
Kompurer_190209023_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Kompurer_190209023_chapter1.pdf] Text
Kompurer_190209023_chapter1.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Kompurer_190209023_chapter2.pdf] Text
Kompurer_190209023_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[thumbnail of Kompurer_190209023_chapter3.pdf] Text
Kompurer_190209023_chapter3.pdf

Download (633kB)
[thumbnail of Kompurer_190209023_chapter4.pdf] Text
Kompurer_190209023_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[thumbnail of Kompurer_190209023_chapter5.pdf] Text
Kompurer_190209023_chapter5.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of Kompurer_190209023_appendix.pdf] Text
Kompurer_190209023_appendix.pdf

Download (9MB)

Abstract

Maria Regina Miserikordia Terai Wuring. 2023. Pengaruh Literasi Digital Tehadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Se-kota Sintang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer. Pembimbing 1: Yasinta Lisa, S.Si.,M.Cs., Pembimbing II. Muhamad Rifai., M.Kom. Kata Kunci: Pengaruh, Literasi, Digital, Informatika, Tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMK pada mata pelajaran Informatika di Kota Sintang. Pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran informatika di SMK dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan era digital. Oleh karena itu, peningkatan literasi digital harus menjadi fokus utama dalam pendidikan untuk menciptakan generasi yang siap menghadapi dunia digital. Temuan dari penelitian ini memberikan wawasan penting tentang hubungan antara literasi digital dan kemampuan berpikir kritis di konteks pendidikan Informatika. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian mixed methods dengan desain Explanatory Sequential. Populasinya adalah siswa SMK di Kota Sintang yang memiliki mata kuliah Informatika. Sampel diambil secara acak dari SMKN 1 Sintang (195 siswa), SMK Budi Luhur Sintang (27 siswa), dan SMK Muhammadiyah Sintang (56 siswa). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan soal tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMK Sintang memiliki literasi digital yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata literasi digital siswa di ketiga SMK adalah 73,4, menunjukkan hasil baik. Hasil tes siswa memiliki nilai tertinggi 90 nilai terendah 14, dan rerata nilai siswa 61,06. Uji normalitas hasil yang normal (p=0,056>0,05). Uji linear 0,279 (>0,05). Tidak ada multikolinearitas (VIF=0,1000<0,01). Regresi linier menunjukkan pengaruh signifikan dari literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (p=0,000). Analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara literasi digital dan kemampuan berpikir kritis siswa. Kesimpulan secara keseluruhan dari penelitian ini yaitu penerapan literasi digital di SMK Kota Sintang berdampak positif, meskipun ada tantangan akses terbatas. Penggunaan teknologi yang relevan memberikan manfaat signifikan dalam konteks pendidikan Informatika di era digital saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:35
Last Modified: 04 Jun 2025 01:35
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1214

Actions (login required)

View Item
View Item