Lindawati, Lindawati (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA SMK NUSANTARA INDAH SINTANG. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of komputer_190209021_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
komputer_190209021_tittle.pdf
Download (981kB)
![[thumbnail of komputer_190209021_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
komputer_190209021_chapter1.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of komputer_190209021_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
komputer_190209021_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (270kB)
![[thumbnail of komputer_190209021_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
komputer_190209021_chapter3.pdf
Download (395kB)
![[thumbnail of komputer_190209021_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
komputer_190209021_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (783kB)
![[thumbnail of komputer_190209021_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
komputer_190209021_chapter5.pdf
Download (175kB)
![[thumbnail of komputer_190209021_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
komputer_190209021_appendix.pdf
Download (4MB)
Abstract
Lindawati. 2023. Pengembangan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika SMK Nusantara Indah Sintang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Anyan, M.Kom. Pembimbing 2: Antonius Edy Setyawan, S.Kom.,M.Pd.Kata Kunci: Game Edukasi,Hasil Belajar, Informatika, SMK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi menggunakan microsoft power point.media pembelajaran dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memasukan materi kedalam media pembelajaran.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). tahap analisis dilakukan studi pendahuluan sebagai tahap awal mendapatkan data yang nantinya akan dapat digunakan sebagai acuan dasar dalam melakukan penelitian pengembangan, tahap desain membuat storyboard sebagai gambaran untuk mengembangkan media pembelajaran sehingga dapat mempermudah proses pembuatannya, sementara tahap pengembangan melibat pembuatan menggunakan microsoft power point, Pada tahap implementasi, media pembelajaran game edukasi diuji coba kepada sekelompok peserta didik yang meliputi uji skala kecil, uji skala luas, dan uji efektivitas. Evaluasi dilakukan untuk mengukur efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Alat pengumpulan data berupa soal tes, lembar observasi, lembar angket dan dokumen. Berdasarkan validasi ahli media mendapatkan hasil 95% sedangkan ahli materi mendapatkan hasil 94%. Dari hasil uji coba penelitian skala kecil dengan rata-rata nilai siswa pretest sebesar 55,35 dan nilai posttes 85,71. Pada uji coba skala luas diperoleh hasil nilai siswa pada pretest sebesar 58,22 dan nilai posttes sebesar 88,02, nilai siswa pada kelas kontrol pretest 51,11 dan posttest 83. Sedangkan hasil respon siswa pada skala kecil yaitu dengan rata-rata nilai sebesar 85,00 dengan kategori “Sangat baik”. Sedangkan respon siswa pada skala luas dengan rata-rata nilai sebesar 85,57 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan game edukasi yang telah dilakukan oleh peneliti mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di SMK Nusantara Indah Sintang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 01:19 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 01:19 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1211 |