PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA SMK NUSANTARA INDAH SINTANG

Lindawati, Lindawati (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA SMK NUSANTARA INDAH SINTANG. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of komputer_190209021_tittle.pdf] Text
komputer_190209021_tittle.pdf

Download (981kB)
[thumbnail of komputer_190209021_chapter1.pdf] Text
komputer_190209021_chapter1.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of komputer_190209021_chapter2.pdf] Text
komputer_190209021_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[thumbnail of komputer_190209021_chapter3.pdf] Text
komputer_190209021_chapter3.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of komputer_190209021_chapter4.pdf] Text
komputer_190209021_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[thumbnail of komputer_190209021_chapter5.pdf] Text
komputer_190209021_chapter5.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of komputer_190209021_appendix.pdf] Text
komputer_190209021_appendix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Lindawati. 2023. Pengembangan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika SMK Nusantara Indah Sintang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Anyan, M.Kom. Pembimbing 2: Antonius Edy Setyawan, S.Kom.,M.Pd.Kata Kunci: Game Edukasi,Hasil Belajar, Informatika, SMK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi menggunakan microsoft power point.media pembelajaran dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memasukan materi kedalam media pembelajaran.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). tahap analisis dilakukan studi pendahuluan sebagai tahap awal mendapatkan data yang nantinya akan dapat digunakan sebagai acuan dasar dalam melakukan penelitian pengembangan, tahap desain membuat storyboard sebagai gambaran untuk mengembangkan media pembelajaran sehingga dapat mempermudah proses pembuatannya, sementara tahap pengembangan melibat pembuatan menggunakan microsoft power point, Pada tahap implementasi, media pembelajaran game edukasi diuji coba kepada sekelompok peserta didik yang meliputi uji skala kecil, uji skala luas, dan uji efektivitas. Evaluasi dilakukan untuk mengukur efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Alat pengumpulan data berupa soal tes, lembar observasi, lembar angket dan dokumen. Berdasarkan validasi ahli media mendapatkan hasil 95% sedangkan ahli materi mendapatkan hasil 94%. Dari hasil uji coba penelitian skala kecil dengan rata-rata nilai siswa pretest sebesar 55,35 dan nilai posttes 85,71. Pada uji coba skala luas diperoleh hasil nilai siswa pada pretest sebesar 58,22 dan nilai posttes sebesar 88,02, nilai siswa pada kelas kontrol pretest 51,11 dan posttest 83. Sedangkan hasil respon siswa pada skala kecil yaitu dengan rata-rata nilai sebesar 85,00 dengan kategori “Sangat baik”. Sedangkan respon siswa pada skala luas dengan rata-rata nilai sebesar 85,57 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan game edukasi yang telah dilakukan oleh peneliti mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di SMK Nusantara Indah Sintang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:19
Last Modified: 04 Jun 2025 01:19
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1211

Actions (login required)

View Item
View Item