PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KUIS MILLIONARE DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X TJKT SMK N 1 KELAM PERMAI

Robby, Pangestu (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KUIS MILLIONARE DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X TJKT SMK N 1 KELAM PERMAI. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of Komputer_190209032_tittle.pdf] Text
Komputer_190209032_tittle.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of Komputer_190209032_chapter1.pdf] Text
Komputer_190209032_chapter1.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Komputer_190209032_chapter2.pdf] Text
Komputer_190209032_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[thumbnail of Komputer_190209032_chapter3.pdf] Text
Komputer_190209032_chapter3.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of Komputer_190209032_chapter4.pdf] Text
Komputer_190209032_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[thumbnail of Komputer_190209032_chapter5.pdf] Text
Komputer_190209032_chapter5.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Komputer_190209032_appendix.pdf] Text
Komputer_190209032_appendix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Robby Pangestu. 2024, Pengembangan Game Edukasi Kuis Millionare dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X TJKT SMK N 1 Kelam Permai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Anyan, M.Kom., Pembimbing II: Yasinta Lisa, S.Si.,M.Cs.
Kata kunci: Minat, Game, Edukasi, Kuis, Millionare Metodologi penelitian melibatkan desain penelitian, populasi, sampel, dan instrumen yang digunakan. Implikasi praktis dan rekomendasi melibatkan dampak penelitian dalam dunia pendidikan dan saran untuk penelitian mendatang. Rangkuman ini menyoroti urgensi pendidikan, kualitas pendidikan, kendala dalam pembelajaran, serta peran teknologi dan media pembelajaran dan upaya penelitian untuk meningkatkan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran inovatif. Penelitian ini berfokus mencakup aspek pengembangan game, minat belajar siswa, hasil belajar siswa,dan efektivitas game.Tujuan penelitian melibatkan pengembangan game, peningkatan minat dan hail belajar siswa, dan evaluasi efektivitas game pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (DDTJKT). Penelitian ini menggunakan metode (R&D) untuk mengembangkan, dengan mengikuti model pengembangan Borg and Gall. Instrumen validasi ahli melibatkan lembar validasi ahli materi dan ahli media, serta angket respon guru dan siswa. Pendekatan ini efisien dan efektif dalam menghasilkan produk pendidikan yang berkualitas. Hasil validasi ahli media ahli materi ditunjukkan dengan rata-rata perolehan skor masing-masing sebesar 95% dan 95,65%. Respon siswa terhadap media pembelajaran memperoleh skor 85,45% pada uji coba skala kecil sedangkan uji coba skala luas memperoleh skor sebesar 88,64%. Respon guru mendapat skor masing-masing 88,33% dan 90,83%. Hasil minat siswa pada uji coba skala kecil menunjukkan 87,65%. Sedangkan pada uji coba skala luas hasil minat siswa menunjukkan 90,6%. Kemudian berdasarkan tes hasil belajar siswa pada uji coba skala kecil menunjukkan 60% siswa mendapat skor ≥80. Sedangkan pada uji coba skala luas hasil belajar siswa menunjukkan 87% siswa mendapat skor ≥80.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Game Edukasi Kuis Millionare untuk meningkatkan minat siswa, layak diterapkan pada kelas X TJKT SMK N 1 Kelam Permai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 03 Jun 2025 09:14
Last Modified: 11 Jun 2025 01:28
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item
View Item