PENDAMPINGAN DIALOGIS ORANGTUA DALAM PENGGUNAAN GADGETPADA ANAK USIA DINI

Suryameng, Suryameng (2017) PENDAMPINGAN DIALOGIS ORANGTUA DALAM PENGGUNAAN GADGETPADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

[thumbnail of 764-2364-1-SM.pdf] Text
764-2364-1-SM.pdf

Download (157kB)

Abstract

Tumbuh kembang anak usia dini berkaitan dengan pemberian nutrisi, pendidikan, latarbelakang orang tua, tingkat kesejahteraan keluarga, lingkungan tempat tinggal anak, sertafaktor lainnya. Salah satu faktor yang berkaitan dengan kualitas tumbuh kembang anak usiadini adalah pengaruh teknologi.Jumlah keluarga yang memberikan gagdet pada anak berusian3-8 tahun adalah sekitar 2.660 keluarga.Penggunaan tidak pernah lepas dari pengaruhpositif
dan negatif. Oleh karena itu perlupendampingan dialogis yang dapat dilakukan oleh orang tuaberupapemilihan waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan anak, menggunakan bahasayang mudah dimengerti oleh anak usia dini, sikap orang tua ketika berkomunikasi sejajardengan anak, dan sesuaikan bahasa yang digunakan oleh orang tua dengan jenis kelompokusia anak. Beberapa cara yang digunakan oleh orang tua agar anak tidak kecanduan dengan gadget yaitu peran orang tua menjadi contoh yang baik bagi anak,tetapkan aturan waktupenggunaan gadget, tetapkan aplikasi apa saja yang bisa dipakai oleh anak, pengawasan orang tua ketika anak diberi gadget, imbangi pemakaian gadget dengan aktivitas yang lain,dan penggunaan gadget tidak boleh menggantikan peran orang tua sebagai guru utama bagi
anak.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:11
Last Modified: 08 Jun 2023 02:39
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item
View Item