Analisis Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru sebagai Pemerataan Pendidikan

Thomas Joni, Verawanto Aristo and Ferdinanda, Itu Meo (2020) Analisis Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru sebagai Pemerataan Pendidikan. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan). ISSN 2541-4429, 2580-3417

[thumbnail of document.pdf] Text
document.pdf

Download (507kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan sistem zonasi yang berdampak pada perwujudan pemerataan pendidikan di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat Penelitian ini menggunakan pendekataan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian adalah Kepala Seksi Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, Pengawas SMP, Kepala Sekolah, dan Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan wawancara mendalam. Data dianalisis dengan
menggunakan model analisis Spradley . Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu: (1) pelaksanaan sistem zonasi telah memberikan dampak sehingga memberikan
kesempatan pada pelaksanaan pemerataan pendidikan di Kabupaten Sintang; (2) sistem zonasi masih terkendala akibat keadaan geografis dan sarana prasarana yang kurang; (3)
masih ada beberapa kecamatan yang belum siap dengan diberlakukannya sistem zonasi; dan (4) partisipasi pendidikan di Kabupaten Sintang belum terlaksana maksimal karena program wajib belajar hanya mencapai 6 tahun. Kata Kunci: pemerataan; zonasi; sintang

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:20
Last Modified: 07 Jun 2023 07:17
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item
View Item