PENNIGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK AKROSTIK PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 03 SILAT HILIR KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

YOHANES DON, BOSKO BARING (2020) PENNIGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK AKROSTIK PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 03 SILAT HILIR KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of PBSI_1309041246_Tittle.pdf] Text
PBSI_1309041246_Tittle.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of PBSI_1309041246_Appendix.pdf] Text
PBSI_1309041246_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of PBSI_1309041246_Chapter1.pdf] Text
PBSI_1309041246_Chapter1.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of PBSI_1309041246_Chapter2.pdf] Text
PBSI_1309041246_Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[thumbnail of PBSI_1309041246_Chapter3.pdf] Text
PBSI_1309041246_Chapter3.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of PBSI_1309041246_Chapter4.pdf] Text
PBSI_1309041246_Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[thumbnail of PBSI_1309041246_Chapter5.pdf] Text
PBSI_1309041246_Chapter5.pdf

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan penggunaan teknik akrostik dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi bagi siswa kelas VII SMP Negeri 03 Silat Hilir Tahun Pelajaran 2018/2019; Mendeskripsikan aktivitas menulis puisi siswa menggunakan teknik akrostik siswa kelas VII SMP Negeri 03 Silat Hilir Tahun pelajaran 2018/2019; mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi menggunakan teknik akrostik siswa kelas VII SMP Negeri 03 Silat Hilir Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian adalah kualitatif dan bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, lembar wawancara. Subyek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 03 Silat Hilir yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan teknik akrostik di kelas VII SMP Negeri 03 Silat Hilir dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dimana siswa terlihat memiliki motivasi, antusias dan kerjasama yang baik dalam pembelajaran. Sedangkan dari faktor guru meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru; aktivitas siswa mengalami peningkatan keantusiasan dalam belajar, saling ketergantungan positif dengan siswa lain dan keaktifan menulis puisi yang sangat baik, penggunakan teknik akrostik dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi meningkat pada aspek diksi, rima, citraan dan majas; peningkatan kemampuan menulis puisi menggunakan teknik akrostik pada siswa kelas VII SMP Negeri 03 Silat Hilir dikategorikan sangat baik yaitu pada siklus I, 74.29% dan pada siklus II 88.57% sehingga terjadi peningkatan sebesar 14.28%, hal ini menunjukkan bahwa teknik akrostik mampu menjadi sebuah sarana yang menghantar pada pengembangan kemampuan berpikir (kognitif), bertindak (afektif), dan terampil menulis puisi (psikomotorik). Penelitian ini disarankan bagi guru, siswa, sekolah dan penelitian selanjutnya dalam penggunaan teknik akrostik pada proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: admin
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:54
Last Modified: 09 Mar 2023 07:54
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item
View Item