KEEFEKTIFAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Anyan, Anyan and Antonius, Edy Setyawan (2020) KEEFEKTIFAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. ISSN 2580 – 1058

[thumbnail of 1574-5351-1-PB.pdf] Text
1574-5351-1-PB.pdf

Download (931kB)

Abstract

Berkembangnya teknologi modern menjadikan aktivitas belajar lebih menarik di kalangan pelajar dengan munculnya berbagai video pembelajaran interaktif baik melalui youtube ataupun aplikasi belajar digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan video pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMK Nusantara Indah Sintang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Melalui pendekatan fenomenologi dimaksudkan adalah untuk menguraikan peristiwa yang dialami secara langsung oleh subjek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran interaktif cukup efektif dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMK dimana ditunjukkan pada siswa SMK Nusantara Indah Sintang lebih giat lagi untuk belajar sebab proses pembelajaran yang dilakukan tidak monoton dan lebih menarik. Namun, penggunaan video pembelajaran interaktif memiliki hambatan yaitu adanya gangguan jaringan atau sinyal saat
menggunakan video pembelajaran interaktif dalam belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 28 Jun 2023 02:00
Last Modified: 28 Jun 2023 02:00
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item
View Item