PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU IPS TERPADU UTILIZATION OF IPS LEARNING MEDIA TO IMPROVE INTEGRATED TEACHERS OF IPS

Munawar, Thoharudin and Yulia, Suriyanti (2019) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU IPS TERPADU UTILIZATION OF IPS LEARNING MEDIA TO IMPROVE INTEGRATED TEACHERS OF IPS. JURNAL PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. ISSN 2549-8347

[thumbnail of 3507-9895-1-PB.pdf] Text
3507-9895-1-PB.pdf

Download (483kB)

Abstract

Kegiatan ini dilaksanakan untuk guru IPS Terpadu Kabupaten Sintang. Tujuan dari kegiatan ini
adalah : 1) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru tentang pentingnya penggunaan media
pembelajaran dalam proses pembelajaran IPS Terpadu, 2) Meningkatkan kemampuan memilih media
pembelajaran yang tepat pada setiap proses pembelajaran IPS Terpadu,3) Meningkatkan keterampilan
memanfaatkan bahan-bahan sederhana serta aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia untuk menghasilkan
media pembelajaran yang tepat guna. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: 1) Workshop
tentang manfaat penggunaan media pembelajaran dalam dan cara memilih media pembelajaran yang
tepat serta penggunaan berbagai media pembelajaran. 2) Pelatihan membuat media pembelajaran IPS
Terpadu dengan memanfaatkan bahan sekitar yang sederhana dan aplikasi-aplikasi yang sudah
tersedia. 3) pendampingan terhadap guru-guru IPS dalam menggunakan media pembelajaran yang
telah di rancang pada proses pembelajaran IPS Terpadu. Hasil kegiatan berupa peningkatan
kemampuan guru dalam memilih dan menentukan media pembelajaran yang tepat sesuai materi ajar,
memanfaatkan sumber-sumber yang ada untuk membuat media pembelajaran dan membuat inovasi
media pembelajaran IPS Terpadu.
Kata kunci : Media Pembelajaran, IPS Terpadu, Guru IPS Terpadu

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 28 Jun 2023 01:48
Last Modified: 28 Jun 2023 01:48
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/464

Actions (login required)

View Item
View Item