EVALUASI MANAJEMEN LABORATORIUM KOMPUTER PADA PAKET KEAHLIAN TKJ DI SMK KABUPATEN WONOGIRI

Antonius Edy, Setyawan and Thomas Joni, Verawanto Aristo (2018) EVALUASI MANAJEMEN LABORATORIUM KOMPUTER PADA PAKET KEAHLIAN TKJ DI SMK KABUPATEN WONOGIRI. JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN. ISSN 2580 – 1058

[thumbnail of 7.pdf] Text
7.pdf

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan manajemen laboratorium komputer pada paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Kabupaten Wonogiri ditinjau dari aspek Context, Input, Process, dan Product. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Metode yang digunakan adalah metode survei dan alat pengumpul data berupa angket, lembar observasi dan dokumentasi. Responden penelitian terdiri dari 9 kepala SMK, 9 wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, 9 ketua paket keahlian TKJ, 4 kepala laboratorium komputer, 3 teknisi, 21 guru produktif TKJ, dan 225 siswa kelas XI tahun ajaran 2015/2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan bantuan software SPSS versi IBM 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ditinjau aspek konteks (context) keefektifan manajemen laboratorium komputer pada paket keahlian TKJ di SMK Kabupaten Wonogiri dalam kondisi baik dengan persentase pencapaian skor sebesar 84,19%; (2) ditinjau aspek masukan (input) keefektifan manajemen laboratorium komputer pada paket keahlian TKJ di SMK Kabupaten Wonogiri dalam kondisi baik dengan rata-rata pencapaian skor sebesar 79,69%; (3) ditinjau aspek proses (process) keefektifan manajemen laboratorium komputer pada paket keahlian TKJ di SMK Kabupaten Wonogiri dalam kondisi baik dengan rata-rata pencapaian skor sebesar 84,17%; dan (4) ditinjau aspek produk (product) keefektifan manajemen laboratorium komputer pada paket keahlian TKJ di SMK Kabupaten Wonogiri dalam kondisi sedang dengan pencapaian skor sebesar 69,41%.

Kata kunci : evaluasi, SMK, manajemen, laboratorium komputer.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username user1
Date Deposited: 28 Jun 2023 01:40
Last Modified: 28 Jun 2023 01:40
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item
View Item